Mas Adi Launching Layanan Informasi dan Portal Quick Response di RSUD dr. R. Soedarsono

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat inovasi baru dengan me launching loket pelayanan informasi dan portal Quick response untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Oct 6, 2023 - 14:31
Mas Adi Launching Layanan Informasi dan Portal Quick Response di RSUD dr. R. Soedarsono

NUSADAILY.COM -KOTA PASURUAN - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat inovasi baru dengan me launching loket pelayanan informasi dan portal Quick response untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Launching dilakukan di RSUD dr. R. Soedarsono secara langsung dan diresmikan oleh Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) yang juga didampingi direktur RSUD dr. R. Soedarsono, kepala BPJS Kota Pasuruan juga kepala Dinas Kesehatan pada Jumat (29/09/23).

Di rangkaian acara dilakukan pemutaran video seputar loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response.

Dalam sambutannya Mas Adi menyampaikan,  pemerintah harus memberikan layanan terbaiknya di bidang kesehatan, dimana  kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat Kota Pasuruan.

" Ini merupakan sebuah inovasi kemajuan yang ada di Kota Pasuruan, dan tentu ini menjadi program Pemerintah untuk memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat,” kata Mas Adi

Pelayan informasi harus memiliki sifat yang ramah dan mudah senyum. Sehingga pasien yang akan berkunjung ke rumah sakit akan merasa nyaman dan senang.

"Kalau semisal ada pasien yang melihat petugas pelayanan yang ramah, pasien akan merasa nyaman dan tidak merasa takut lagi untuk berobat ke rumah sakit,” ujar Mas Adi

Mas Adi bercerita, di awal masa kerjanya banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait layanan di rumah sakit. Menurutnya, di Kota Pasuruan saat ini sudah banyak perbaikan di bidang kesehatan.

"Di awal saya menjadi Wakil Walikota, saya lebih banyak mendapati keluhan dari masyarakat tentang layanan di rumah sakit. Alhamdulillah hari ini sudah menjadi lebih baik apalagi sekarang juga sudah memiliki portal informasi,” tuturnya

Menurutnya, di era digitalisasi ini masyarakat butuh informasi yang cepat, mudah dan murah. Dengan adanya loket ini dapat memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan informasi secara akurat

“Harapannya loket ini dapat melengkapi fasilitas yang ada di rumah sakit. Sehingga masyarakat lebih tenang karena semua tercover mulai dari informasinya, loket ini juga sebagai ruang untuk menyampaikan keluhan masyarakat. Nantinya, keluhan yang sudah masuk pada sistem langsung bisa ditindaklanjuti,” jelas Mas Adi

Mas Adi juga menambahkan, jika layanan informasi dilakukan melalui media sosial kebanyakan yang melayani bukan yang berkopempeten. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang kurang akurat.

“Berbeda jika menginformasikan melalui media sosial, biasanya yang jawab bukan orang yang berkompeten.  Sekarang kan sudah diberikan portal layanan, sehingga keluhan bisa dilayani dan dijawab petugas yang berkompeten,” imbuhnya.(*)