Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleTechnoFacebook Diminta Lebih Transparan Soal Akun Tokoh Terkenal

Facebook Diminta Lebih Transparan Soal Akun Tokoh Terkenal

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dewan pengawas independen meminta Facebook lebih transparan tentang kebijakan mereka untuk akun milik tokoh terkenal.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dewan pengawas menilai Facebook tidak “sepenuhnya terbuka” dalam menangani profil orang terkenal, dikutip dari Reuters, Senin.

BACA JUGA: Terkait Unggahan di Facebook, KPK Geledah Kamar Tahanan Andi Putra

“Facebook perlu berkomitmen untuk transparansi yang lebih luas dan memperlakukan pengguna secara adil,” kata dewan pengawas.

Facebook dianggap tidak transparan mengenai sistem internal pemeriksaan bersilang atau cross-check. Sistem ini digunakan untuk mengecek ulang penegakkan aturan untuk pengguna tertentu.

BACA JUGA: Facebook, Twitter Bertekad Perangi Rasisme Terhadap Pemain Inggris

Berkaitan dengan blokir akun mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akibat kerusuhan di Capitol pada 6 Januari lalu, Facebook, menurut dewan pengawas, tidak menyebutkan sistem pemeriksaan bersilang sampai ditanya.

BACA JUGA: Facebook Ganti Nama Tidak Berarti Bebas Masalah

“Merujuk pada peristiwa tersebut, termasuk pertanyaan khusus tentang penegakan aturan untuk akun milik pimpinan politik, yang diyakini Dewan tercakup dalam pemeriksaan silang, kelalaian ini tidak dapat diterima,” kata dewan pengawas Facebook.

BACA JUGA: Awas!!! Segera Delete 9 Aplikasi Android Ini Curi Password Facebook

Koran The Wall Street Journal mengeluarkan laporan bahwa jutaan akun Facebook milik politikus, selebriti dan tokoh terkenal lainnya mendapatkan pengecualian dari cek internal.

Facebook meminta dewan pengawas meninjau sistem cek bersilang mereka dan membuat rekomendasi untuk memperbaiki sistem tersebut.

Juru bicara Facebook menyatakan kerja dewan pengawas berdampak besar sehingga mereka meminta masukan soal sistem cek bersilang ini.(mic)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed