Kamis, Juli 7, 2022
BerandaLifestyleHealthKemenkes RI Beri Warning Wabah Cacar Monyet, Segera ke Dokter Jika Alami...

Kemenkes RI Beri Warning Wabah Cacar Monyet, Segera ke Dokter Jika Alami Gejala Ini

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI memastikan belum ada satupun kasus cacar monyet di Indonesia. Namun, pemerintah memberikan warning atau perhatian dini bagi para pelaku perjalanan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril, perhatian ini khususnya diberikan pada pelaku perjalanan warga negara indonesia dan warga negara asing yang baru tiba dari negara-negara dengan laporan kasus cacar monyet. Hingga kini sudah ada 15 negara yang mencatat kasus cacar monyet. Beberapa di antaranya yakni Amerika Serikat, Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Belanda hingga Portugal.

BACA JUGA: WHO: Penyebaran Cacar Monyet di Eropa Mungkin Disebabkan Oleh Penularan Seksual

“Warning kepada pelaku perjalanan luar negeri, baik itu WNI ke negara yang saya sebutkan, yang saat ini terjangkit, atau bagi warga negara asing yang ke sini,” terang dr Syahril dalam konferensi pers virtual ‘Kasus Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia’, Selasa (24/5/2022).

“Untuk waspada pada gejala-gejalanya. Sekaligus melakukan konsultasi ke dokter dan faskes manakala gejala timbul dari negara-negara tadi,” beber dia.

BACA JUGA: Australia Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet

Perlu diketahui, gejala cacar monyet biasanya muncul pada 6-18 hari setelah terpapar, tetapi adapula gejala yang bertahan hingga 21 hari. Gejala cacar monyet disebut dr Syahril diawali dengan ruam atau lesi di bagian muka hingga menyebar ke badan.

“Ini paling infeksius atau paling menular, itu timbul ruam-ruam atau lesi, cacar begitulah di kulit terutama di muka. Dimulai dari muka, kemudian menyebar ke badan, dan juga ke tangan. Ini yang menjadi ciri khas cacar ini dan ini sangat infeksius. Diperlukan sampai tiga minggu,” katanya dilansir dari detikhealth.(eky)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...