Kunker Jokowi Lokasinya Sama dengan Lokasi Kampanye Ganjar, TPN Kaget

Beberapa lokasi yang dikunjungi Jokowi, kata dia, sebelumnya menjadi lokasi kampanye Ganjar. "Ya kita melihat. Ini memang agak cukup kaget," kita Chico saat dihubungi, Selasa (5/12).

Kunker Jokowi Lokasinya Sama dengan Lokasi Kampanye Ganjar, TPN Kaget

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu terakhir selalu di tempat yang sebelumnya menjadi lokasi calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengaku kaget lokasi karena kunker Presiden dijadwalkan jauh-jauh hari.

Juru Bicara TPN Ganjar, Chico Hakim mengaku pihaknya memerhatikan pula sejumlah lokasi kunjungan kerja Jokowi dalam sepekan terakhir.

Beberapa lokasi yang dikunjungi Jokowi, kata dia, sebelumnya menjadi lokasi kampanye Ganjar.

"Ya kita melihat. Ini memang agak cukup kaget," kita Chico saat dihubungi, Selasa (5/12).

Jokowi sempat kunker ke Kabupaten Biak, Papua pada 22 November lalu. Ganjar sebelumnya juga sempat ke sejumlah lokasi di Papua mulai 20-21 November.

Memasuki hari ketiga kampanye pada 1 Desember, Ganjar melanjutkan safari politiknya ke beberapa lokasi di NTT. Belakangan, tiga hari setelahnya, Presiden juga terbang ke NTT. Dalam kunjungan itu Jokowi ditemani istrinya, Iriana.

Meskipun demikian, pihaknya sejauh ini mencoba berbaik sangka bahwa kesamaan lokasi antara Ganjar dan Jokowi itu kemudian hanyalah kebetulan belaka, dan tak disengaja.

Apalagi, sambungnya, umumnya agenda kunjungan presiden ke setiap daerah di Indonesia sudah jauh-jauh hari dijadwalkan.

"Kami tidak menganggap itu sebagai sesuatu yang disengaja. Sampai hari ini kami mungkin melihat memang sudah ada agenda-agenda yang diagendakan oleh presiden," kata Chico.

Sejauh ini, dia enggan mengikuti dugaan publik bahwa agenda kunker Jokowi yang juga ayah kandung Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka itu sengaja dilakukan untuk menghapus jejak-jejak kampanye paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Menurut Chico, kunjungan Ganjar ke beberapa lokasi dilakukan dengan serius. Artinya, relawan akan tetap bergerak memelihara basis konstituen usai kunjungan tersebut.

"Jadi memang kita enggak khawatir lah siapapun itu. Yang setelah kehadiran Pak Ganjar dibikin seakan-akan dibikin penggembosan. Kita tidak khawatir soal itu. Intinya ke depan akan tetap sama. Jadi enggak masalah bagi kita," kata Chico.(han)