Dua Perusahaan Smart City Rusia Tertarik Berinvestasi di IKN

Dua perusahaan asal Rusia yang bergerak di bidang smart city telah menyerahkan letter of intent (LoI) kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di Balikpapan, Kalimantan Timur, belum lama ini. Letter of intent merupakan langkah awal bagi kedua perusahaan untuk berinvestasi dan berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara.?

Dua Perusahaan Smart City Rusia Tertarik Berinvestasi di IKN

Dua Perusahaan Smart City Rusia Tertarik Berinvestasi di IKN

 

NUSADAILY.COM – BALIKPAPAN - Dua perusahaan asal Rusia yang bergerak di bidang smart city telah menyerahkan letter of intent (LoI) kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di Balikpapan, Kalimantan Timur, belum lama ini. Letter of intent merupakan langkah awal bagi kedua perusahaan untuk berinvestasi dan berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara.?


 

Dilansir dari medcom.id, penyerahan yang difasilitasi KBRI Moskow dengan dukungan oleh OIKN, BKPM dan Trade Representative Rusia di Jakarta ini disampaikan langsung kepada Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN, Indra Yuwana dan disaksikan Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Federasi Rusia dan Belarusia, Berlian Helmy.

 
"KBRI Moskow terus mengupayakan agar perusahaan-perusahaan asal Rusia dan Belarusia dapat turut mengambil bagian pada pembangunan Nusantara. Nusantara adalah masa depan Indonesia," ujar Berlian, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 4 Desember 2023.

 

Sebelumnya, delegasi asal Rusia ini telah melakukan kunjungan lapangan ke IKN Nusantara dan menyaksikan langsung pembangunan yang sudah terlihat sangat progresif. Sejumlah titik peninjuan antara lain Titik Nol, menara pandang, camping site, serta gedung pemerintahan inti, yakni istana negara dan kantor kementerian dan lembaga.
 
Selain peninjauan lapangan, delegasi juga melakukan pertemuan dengan perwakilan Kementerian Investasi/BKPM. Dalam pertemuan tersebut, kedua perusahaan kembali menyatakan keseriusannya untuk berinvestasi di Indonesia. Dalam kaitan ini, BKPM menyambut baik dan siap memberikan fasilitasi yang maksimal agar investasi dapat segera terealisasi.


 
Rangkaian kunjungan ditutup dengan partisipasi KBRI Moskow dan delegasi Rusia pada forum bisnis “Moscow-Jakarta: The Future of Cities" yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Moskow. Forum bertujuan untuk memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara dengan menitikberatkan pada exchange best practices khususnya cara berinvestasi di Indonesia.
 
Dalam forum tersebut, Wakeppri KBRI Moskow sampaikan bahwa Rusia dan Indonesia adalah dua sahabat lama dan sudah selayaknya kerja sama ekonomi, terutama perdagangan, investasi dan pariwisata, terus ditingkatkan hingga mencapai potensi yang optimal. Untuk itu, Wakeppri ajak seluruh pemangku kepentingan, baik di kalangan pemerintahan maupun bisnis, untuk dapat saling membantu guna mencapai tujuan bersama.
 
Forum tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari kalangan pebisnis asal Rusia dan Indonesia. Forum diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperluas jejaring bisnis kedua negara dan sebagai katalis business-to-business contact. KBRI Moskow akan terus mengupayakan peningkatan investasi Rusia dan Belarus, tidak hanya di Nusantara, namun juga di wilayah Indonesia lainnya.


 
Selain kedua perusahaan tersebut, udah ada beberapa perusahaan Rusia lainnya di sektor renewable energy dan smart technology, khususnya pengelolaan perkotaan yang telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Hal ini akan terus didorong dan difasilitasi agar minat investasi tersebut dapat menjadi suatu proyek konkret.(*)