Air Belum Surut di Sejumlah Kecamatan Kabupaten Malang

NULL

NUSADAILY.COM – MALANG - Sebanyak lima kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, diterjang banjir bandang, 17 Oktober 2022. Bencana alam ini dipicu oleh hujan deras yang turun di Kabupaten Malang sejak pukul 04.00 WIB hingga siang.
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, mengatakan lima kecamatan terdampak bencana antara lain, Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, Pagak, dan Donomulyo.
 
"Banjir juga terjadi di Desa Sitiarjo, Desa Sidoasri, dan Desa Tambakrejo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan," ujar Sadono, Senin, 17 Oktober 2022 dilansir dari medcom.id.

Banjir juga melanda Desa Sumbermanjing Kulon Kecamatan Pagak dan Desa Sumberoto di Kecamatan Donomulyo.


Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Malang, Nur Fuad Fauzi, mengatakan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan ada beberapa desa yang terdampak banjir dan tanah longsor. Salah satunya, Desa Tambakasri.
 
"Untuk di Desa Tambakrejo, terjadi banjir di wilayah RT 07, air sudah ada yang masuk rumah dengan ketinggian kurang lebih 50 sentimeter (cm)," jelasnya.
 
Selanjutnya, di Desa Sitiarjo air menggenang setinggi 50-150 cm. Fuad menambahkan di RT 05 Desa Kedungbanteng, banjir menyebabkan saluran irigasi jebol. (wan)