Atlet Downhill Kota Batu Lelang Sepeda dan Jersey untuk Aksi Kemanusiaan Palestina

Hildan Afosma Katana malang melintang menghiasi dunia cabang olahraga sepeda downhill tingkat nasional bahkan internasional. Beragam prestasi di segala ajang ditorehkan oleh rider asal Kota Batu itu.

Atlet Downhill Kota Batu Lelang Sepeda dan Jersey untuk Aksi Kemanusiaan Palestina
Atlet downhill Kota Batu, Hildan Afosma Katana melelang sepeda dan jersey untuk bantuan kemanusian Palestina. Lelang tersebut diumumkan melalui akun instagramnya. (instagram Afos Katana).

NUSADAILY.COM– KOTA BATU– Hildan Afosma Katana malang melintang menghiasi dunia cabang olahraga sepeda downhill tingkat nasional bahkan internasional. Beragam prestasi di segala ajang ditorehkan oleh rider asal Kota Batu itu.

Atlet downhill Kota Batu itu juga turut tergugah untuk terlibat melakukan aksi solidaritas kemanusian. Afos berniat melelang sepeda miliknya berbahan karbon dan satu jersey yang mengantarkannya meraih Kejurnas Indonesia National Championship 2022 di Banyuwangi. Pada kejuaraan itu, Afos menggondol medali emas nomor Men Elite.

Pria asli Kelurahan Songgoriti, Kota Batu itu berniat melelang kedua benda tersebut untuk bantuan kemanusian di Palestina yang saat ini dilanda perang. Semua hasil lelang akan didonasikan untuk Palestina. Diketahui, proses lelang sudah diumumkan sejak Senin malam (4/12) di akun resmi instagram Afos Katana.

“Siapapun boleh ikut lelang dan bisa menghubungi nomor pribadi saya di 081937199195. Saya tidak pasang batas waktu maupun patokan harga. Kalau sekiranya harga sudah pantas, nanti akan saya lepas,” terang Afos.

Afos mengatakan jika niatannya menjual sepeda yang dibuat dari bahan karbon itu murni untuk aksi kemanusiaan. Afos rela mengorbankan sepeda bersejarah yang pernah mengantarnya menjadi juara di ajang Kejurnas tahun 2022 demi kemanusiaan.

Menurutnya, sepeda hingga jersey itu tentu memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi dirinya. Dalam meraih medali tersebut, latihan ekstra keras dia lakoni selama 12 tahun lamanya. Hingga pada Kejurnas Downhill 2022 di Banyuwangi, mimpi itu berhasil ia gapai.

“Melihat perjuangan itu, saya jadi ingat masyarakat di Palestina juga sedang berjuang bertahan hidup. Sebab itu, sepeda dan jersey bersejarahku itu saya lelang. Saya menunggu dan berusaha keras meraih mimpi itu sejak 12 tahun yang lalu,” kata dia.

Sebafai informasi, nama Afos Katana di dunia balap sepeda Indonesia cukup mentereng. Pebalap asal Kelurahan Songgoriti, Kota Batu itu bahkan pernah mencatatkan nama Indonesia di ajang Sea Games 2013 dengan meriah medali emas. Sederet medali di kejuaraan tingkat nasional juga berhasil dibabatnya.

Kini, Afos Katana mendedikasikan kepiawaianya dengan mendirikan akademi sepeda bersama adik kandungnya Dhana Filtra Gorri yang diberi nama Afos Katana Family (AKF). Lambat laun, akademi AKF mampu mengorbitkan pebalap muda handal.(oer)