Zainudin Amali Sudah Mundur Secara Informal Dari Kursi Menpora

Wapres Ungkap Potensi Reshuffle Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bicara potensi adanya reshuffle usai Zainudin Amali mundur

Mar 1, 2023 - 17:53
Zainudin Amali Sudah Mundur Secara Informal Dari Kursi Menpora
Home Berita Jabodetabek Internasional detikX Kolom Blak Blakan Pro Kontra Infografis Foto Video Indeks Adsmart Terpopuler Hoax or Not Suara Pembaca Pemilu 2024 The Matchmaker ADVERTISEMENT detikNews Berita Prediksi Terbaru Momen Reshuffle Usai Amali Mundur dari Menpora Tim detikcom - detikNews Rabu, 01 Mar 2023 08:57 WIB Foto: Edi Wahyono

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan langsung informasi Zainudin Amali sudah mundur secara informal dari kursi Menpora. Zainudin Amali sudah menghadap Jokowi setelah dirinya terpilih sebagai Waketum PSSI dan menyatakan ingin fokus di organisasi sepak bola tersebut.

Wapres Ungkap Potensi Reshuffle Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bicara potensi adanya reshuffle usai Zainudin Amali mundur. Ma'ruf menyampaikan kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kesempatan itu untuk melakukan reshuffle kabinet.

BACA JUGA : Aksi Massa Tolak Perppu Ciptaker Bubar, Lalin Depan DPR...

"Yang jelas sekarang Menpora mundur, dan kalau nanti proses administrasi sudah berjalan, apakah presiden akan menunjuk menteri baru atau dijabat oleh siapa," kata Ma'ruf Amin kepada wartawan di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/2).dilansir dari detik.com

"Atau kemudian menggunakan kesempatan itu untuk me-reshuffle, itu keputusannya Pak Jokowi, Pak Presiden," lanjutnya.

Ma'ruf mengatakan reshuffle merupakan hak prerogatif presiden. Untuk itu, Ma'ruf meminta publik menunggu keputusan Jokowi.

"Ya kalau presidennya mau (reshuffle), itu urusannya presiden, hak prerogatif presiden, kita tunggu aja," pungkas Ma'ruf.

Terbaru, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menyebut adanya potensi reshuffle atau perombakan kabinet seiring mundurnya Amali. Dia menyebut, setidaknya pengumuman menpora baru itu akan dibarengi dengan pengisian posisi wakil menteri yang masih kosong.

"PPP pada prinsipnya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi, tapi setidaknya sinyal-sinyal itu sudah mulai terang kalau bakal ada pergantian, salah satunya dari Menpora itu, kan orang sudah mengajukan pengunduran diri. Kan di politik orang yang sudah mundur nggak mungkin ditahan-tahan juga," kata kata Awiek usai acara Survei Median di Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2923).

Awiek mengatakan Jokowi memiliki hak prerogatif sebagai presiden untuk melakukan reshuffle. Jika ada kinerja menteri yang dinilai buruk menurutnya, tidak ada salahnya dilakukan reshuffle.

BACA JUGA : Tanggapan KPU Tentang Mantan Napi Bisa Ikut Jadi Caleg

"Beliau (presiden) yang memiliki hak prerogatif kalau ada kabinet-kabinet yang dikira performa kinerjanya kurang baik, ya tidak ada salahnya Presiden melakukan reshuffle. Tapi, yang jelas bahwa hari ini beberapa pos wakil menteri itu masih kosong. Ya bisa jadi kalau ada reshuffle itu juga diisi," tutur Awiek.

Lebih lanjut, Awiek menilai kader PPP siap jika diminta untuk mengisi jabatan itu. Dia prediksi pengumuman Menpora baru akan dibarengi dengan pengisian posisi wamen.

"Kalau PPP dipercaya kita siap gitu kan, tapi kan kita tidak bisa mendikte presiden, tapi kalau memang ada reshuffle kok sepertinya tidak hanya di satu tempat karena posisi wakil menteri banyak yang kosong. Kalau diisi ya itu momentumnya Presiden Jokowi untuk melakukan pengisian pos wamen yang masih kosong," tutur Awiek.(ris)