Sering Diucapkan Saat Perayaan Imlek, Ini Arti Gong Xi Fa Cai Sebenarnya

Ucapan Gong Xi Fa Cai kerap disampaikan saat perayaan tahun baru China atau Imlek. Ucapan tersebut ditujukan ke teman, kerabat dan lain-lain yang merayakan Imlek.

Sering Diucapkan Saat Perayaan Imlek, Ini Arti Gong Xi Fa Cai Sebenarnya
Ilustrasi Imlek 2023 tahun kelinci (Foto: Freepik.com)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Ucapan Gong Xi Fa Cai kerap disampaikan saat perayaan tahun baru China atau Imlek. Ucapan tersebut ditujukan ke teman, kerabat dan lain-lain yang merayakan Imlek.

Tak jarang, ada orang yang mengartikan ucapan tersebut dengan arti selamat tahun baru imlek. Padahal, bukan itu arti Gong Xi Fa Cai.

Lalu, apa artinya?

Mengutip Dinas Komunikasi dan Informatika, Minggu (22/1/2023), secara harfiah, Gong Xi Fa Cai memiliki arti 'semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran'.

Sementara, dikutip dari situs diskominfo Asahan, jika diartikan satu per satu kalimat Gong Xi Fa Cai yaitu Gong Xi (baca: kungsi) artinya selamat, Fa artinya berkembang, dan Cai artinya kekayaan. Fa Cai berarti berkembang dan menjadi kaya.

Dalam catatan detikcom, penggunaan kata Gong Xi Fa Cai ini bermula sejak beberapa abad yang lalu. Penggunaan dua kata pertama yaitu Gong Xi memiliki sejarah cukup panjang.

Namun jika dikaitkan dengan legenda, maka ucapan ini memiliki arti memberi selamat ketika penduduk China dapat menangkal binatang buas bernama Nian yang mengejar masyarakat Tiongkok dan juga anak-anak. Namun mereka dapat selamat dan bisa mengusir Nian.

Dalam perkembangannya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan, menjadikan kata Gong Xi diikuti dengan menambahkan kata Fa Cai yang berarti sejahtera atau makmur pada pengucapan tersebut.(eky)