Produk dan Wisata Indonesia Meriahkan Festival ASEAN di Malaysia

Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur berpartisipasi dalam Festival ASEAN yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 30 November sampai 3 Desember 2023 di LALAPORT Bukit Bintang City Center, Kuala Lumpur.

Produk dan Wisata Indonesia Meriahkan Festival ASEAN di Malaysia

NUSADAILY.COM –KUALA LUMPUR - Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur berpartisipasi dalam Festival ASEAN yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 30 November sampai 3 Desember 2023 di LALAPORT Bukit Bintang City Center, Kuala Lumpur.

 

Dilansir dari medcom.id, kedutaan negara anggota ASEAN yang berada di Malaysia seperti Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Brunei Darusalam turut berpartisipasi dengan mendirikan stan untuk memamerkan berbagai macam budaya, produk dan juga destinasi wisata mereka sebagai bentuk promosi masing-masing.

 

"Festival yang diselenggarakan di Malaysia ini merupakan yang pertama kali diadakan di Malaysia. Momen ini harus kita gunakan dalam rangka yang mana tentunya meningkatkan kekerabatan negara-negara ASEAN," ujar Yoshi Iskandar selaku Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur.

Advertisement

 

Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Jumat, 1 Desember 2023, festival ASEAN ini memadukan antara pertunjukan seni dan budaya, hiburan, dan juga perdaganggan produk khas negara-negara ASEAN, festival ini didukung oleh Tourism Malaysia dan berbagai Kedutaaan Besar negara-negara ASEAN yang ada di Malaysia serta asosiasi bisnis lokal dan internasional yang terkemuka.

 

Acara penting ini mempersatukan keanekaragaman negara-negara ASEAN seperti, Kebudayaan seni, Pariwisata, Pangan, yang terdiri dari 90 stan dari berbagai negara.

 

 

Terdapat empat komponen utama dalam Festival ASEAN ini, yaitu ASEAN Market, ASEAN Travel Fair, ASEAN Food, dan Pesta Musik ASEAN.

 

Indonesia mendirikan stan di lantai 4 Lalaport Bukit Bintang City Center yang memamerkan seni budaya, pariwisata, dan kuliner khas Nusantara. Pengunjung juga berkesempatan mengisi QR Code untuk “View Of Indonesia Survey 2023".

 

KBRI Kuala Lumpur mempersembahkan seni budaya dari Indonesia pada saat pembukaan berupa Tarian Betawi Kinang kilaras dan juga memperkenalkan baju Adat Palembang Paksangko.

 

Sebanyak 12 UMKM dari berbagi provinsi di Indonesia turut terlibat dalam acara ini diharapkan dapat turut menunjukan para UMKM agar memproleh akses pasar di Malaysia dan dapat memproleh peluang Ekspor-Impor ke Malaysia serta negara-negara lain.(@)