Pertama Kalinya! Amazon Kehilangan Lebih Dari $1 Triliun Nilai Pasar

Pertama Kalinya! Amazon Kehilangan Lebih Dari $1 Triliun Nilai Pasar
amazon (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-SAN FRANCISCO- Amazon.com menjadi perusahaan publik pertama di dunia yang kehilangan nilai pasar $1 triliun karena meningkatnya inflasi, kebijakan moneter yang lebih ketat, dan hasil keuangan yang mengecewakan memicu aksi jual pasar saham yang bersejarah tahun ini.

BACA JUGA: Duh! Lonjakan Populasi Banjiri Kota India

Melansir new.qq.com, saham perusahaan raksasa e-commerce dan komputasi awan itu turun 4,3% pada hari Rabu, waktu setempat AS, menjatuhkan nilai pasarnya menjadi sekitar $879 miliar dari puncaknya $1,88 triliun pada Juli 2021. Pada saat yang sama, kapitalisasi pasar Microsoft juga turun tajam, sebesar $889 miliar dari puncak November 2021 sebesar $2,5 triliun.

Lima perusahaan teknologi AS teratas secara kolektif kehilangan hampir $ 4 triliun nilai pasar tahun ini berdasarkan pendapatan.

Amazon, pengecer online terbesar di dunia, telah berusaha mengatasi perlambatan tajam dalam pertumbuhan e-commerce tahun ini karena pembeli kembali ke kebiasaan belanja sebelum pandemi. Saham perusahaan telah jatuh hampir 50% di tengah penjualan yang melambat, melonjaknya biaya dan melonjaknya suku bunga.

BACA JUGA: Naturalisasi Shayne Patynamma Disetujui Komisi III DPR RI

Salah satu pendiri Amazon Jeff Bezos telah kehilangan kekayaan $83 miliar sejak awal tahun, dan sekarang memiliki kekayaan bersih sekitar $109 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh media. (mdr2/lna)