Harga Batubara di Luar Kisaran Harga Wajar, China Lakukan Inspeksi

Baru-baru ini, di bawah penyebaran terpadu Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, departemen pembangunan dan reformasi Fujian, Guangdong, Mongolia Dalam, Shandong dan tempat-tempat lain telah mengambil tindakan untuk memverifikasi petunjuk bahwa beberapa perdagangan batubara perusahaan yang diduga menjual batubara di luar kisaran harga yang wajar.

Harga Batubara di Luar Kisaran Harga Wajar, China Lakukan Inspeksi
tambang batubara (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-BEIJING- Baru-baru ini, di bawah penyebaran terpadu Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, departemen pembangunan dan reformasi Fujian, Guangdong, Mongolia Dalam, Shandong dan tempat-tempat lain telah mengambil tindakan untuk memverifikasi petunjuk bahwa beberapa perdagangan batubara perusahaan yang diduga menjual batubara di luar kisaran harga yang wajar.

Melansir new.qq.com, menurut situs web Komisi Pembangunan dan Reformasi Provinsi Guangdong pada tanggal 9 November, Tim Inspeksi Provinsi Guangdong mengambil petunjuk yang direfleksikan oleh pihak-pihak terkait sebagai titik masuk, meninjau kontrak penjualan perusahaan batubara terkait, dan melakukan perbandingan silang dengan perusahaan tenaga listrik.

BACA JUGA: Australia Didesak AS untuk Tidak Mendukung Larangan Senjata...

Komisi Pembangunan dan Reformasi Shandong dan Komisi Pembangunan dan Reformasi Mongolia Dalam juga menginformasikan kepada pemerintah daerah pada tanggal 8 November bahwa harga batubara diduga melebihi kisaran yang wajar.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Provinsi Shandong menyebutkan 3 perusahaan dan mengatakan bahwa, setelah verifikasi awal, Boyindun Economic and Trade Co., Ltd., Shandong Fengrui Industrial Co., Ltd., dan Shandong Haolei Trading Co., Ltd. telah membuat pernyataan tertulis komitmen untuk secara tegas menjaga urutan harga pasar batubara dan memastikan bahwa harga transaksi batubara berada dalam kisaran yang wajar, namun sejak itu masih menjual batubara di luar kisaran harga yang wajar.

Dalam hal ini, Komisi Pembangunan dan Reformasi Provinsi Shandong telah menyerahkan departemen pengawasan pasar sebagai petunjuk atas dugaan penipuan harga.

Terdapat 10 perusahaan, yaitu Tuoketuo Jingxin Trading Co., Ltd., Hohhot Ruiyuanfa Co., Ltd., Wuhai Baohua Industry and Trade Co., Ltd., Mongolia Dalam Xinduo Industry and Trade Co., Ltd., Kota Wuhai Hongyang Hongyun Coal Industry Co., Ltd., Wuhai Yukun Coal Sales Co., Ltd., Wuhai Tianyu Energy Co., Ltd., Wuhai Wangliyuan Coal Washing Co., Ltd., Wuhai Wenming Coal Coke Co., Ltd. , Cabang Longyuan dari Wuhai Wangliyuan Coal Washing Co., Ltd.

Perusahaan tersebut telah membuat komitmen tertulis untuk secara efektif menerapkan berbagai persyaratan kebijakan, memastikan bahwa harga batubara beroperasi dalam kisaran yang wajar, dan tidak pernah menaikkan harga pasar, tetapi mereka masih menjual di luar kisaran harga yang wajar.

Sehubungan dengan itu, departemen pembangunan dan reformasi telah menyerahkan petunjuk-petunjuk dugaan penggelapan harga kepada departemen pengawasan pasar, dan mengirimkan tembusan kepada pemerintah rakyat dan biro pengawasan dan administrasi pasar tempat perusahaan itu berada.

Periode puncak konsumsi energi di musim dingin semakin dekat, dan menstabilkan pasar serta harga batubara sangat penting untuk memastikan pasokan energi yang aman dan stabil serta mempertahankan operasi ekonomi dan sosial yang stabil. Bagian pengembangan dan reformasi akan memperhatikan dengan seksama perubahan pasar dan harga batubara, serta segera melakukan reminder dan wawancara apabila harga jual batubara melebihi kisaran yang wajar. departemen pengawasan pasar untuk penyelidikan dan hukuman menurut hukum sebagai petunjuk dugaan penggelapan harga.

BACA JUGA: Dapat Restu Naturalisasi, Shayne Pattynama Bakal Wujudkan Mimpi Ayahnya Bela Timnas Indonesia

Menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional pada tanggal 9 Oktober, karena peningkatan permintaan untuk penyimpanan batubara di musim dingin, harga industri pertambangan dan pencucian batubara naik 3,0% bulan ke bulan, meningkat 2,5 poin persentase. (mdr2/lna)