Duh! Lonjakan Populasi Banjiri Kota India

Berdasarkan laporan pertumbuhan populasi dunia tahun 2022, PBB perkirakan bahwa populasi global akan melebihi 8 miliar. Salah satunya kota-kota besar India yang kini sedang berjuang mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan oleh pertumbuhan populasi.

Duh! Lonjakan Populasi Banjiri Kota India
masyarakat India (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-NEW DELHI- Berdasarkan laporan pertumbuhan populasi dunia tahun 2022, PBB perkirakan bahwa populasi global akan melebihi 8 miliar. Salah satunya kota-kota besar India yang kini sedang berjuang mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan oleh pertumbuhan populasi.

Melansir new.qq.com, Menurut sebuah laporan oleh Agence France-Presse pada tanggal 8 November, sebagai salah satu kota terbesar di India, populasi Mumbai telah meningkat sebesar 8 juta dalam 30 tahun terakhir, dan kini telah mencapai skala super besar sebesar 20 juta. Kemungkinan pada tahun 2035, penduduk kota akan bertambah menjadi 7 juta. 

BACA JUGA: Ini Terjadi di China, Pakai Anting Mewah Rp66 Juta, Pejabat...

Namun, seperti kota-kota India lainnya, perumahan Mumbai, transportasi, air, pembuangan sampah dan infrastruktur lainnya tidak mengikuti laju pertumbuhan penduduk, dan sejumlah besar penduduk masih tinggal di daerah kumuh, di mana hanya ada rumah-rumah sederhana yang runtuh, air, listrik dan sanitasi yang tidak stabil, dan tidak jauh dari lingkungan terkaya di India, perbedaan kondisi kehidupan sangat mencolok. 

Menurut Badan Energi Internasional, populasi perkotaan India akan meningkat menjadi 270 juta pada tahun 2040. Ramai, infrastruktur berkualitas buruk, dan polusi udara dan suara yang parah adalah hal biasa di kota-kota besar seperti Mumbai. Selain itu, karena populasi India terus bertambah, emisi karbon negara itu akan terus meningkat. Sebuah laporan tahun 2021 oleh pemerintah India menunjukkan bahwa kota-kota di India menghasilkan miliaran liter limbah setiap hari, sekitar 70 persen di antaranya tidak diolah. Di kota-kota ini, jutaan orang masih tidak memiliki pasokan air mengalir yang stabil, bergantung pada kereta api dan truk untuk mengangkutnya, dan ketika permukaan air turun, penduduk di beberapa kota, termasuk New Delhi, harus mengandalkan penggalian sumur dalam untuk mendapatkan air.

BACA JUGA: Xi Jinping Minta Tentara Siaga Perang

Selain itu, masalah genangan air di kota-kota India menjadi semakin sering terjadi, seperti genangan air di Bangalore pada September tahun ini disebabkan oleh konstruksi ilegal. Ketika perubahan iklim dan musim hujan dan musim hujan menjadi semakin tidak teratur, kota-kota di India juga akan menderita berbagai kekeringan dan banjir. (mdr2/lna)