Pemprov DKI Jakarta Berencana Optimalisasi Jalur Sepeda Tahun Depan

Dia meminta penambahan jalur sepeda nantinya dijalankan dengan mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi

Pemprov DKI Jakarta Berencana Optimalisasi Jalur Sepeda Tahun Depan
Ilustrasi jalur sepeda. (Foto: Andhika Prasetia)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melakukan optimalisasi jalur sepeda tahun depan. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkomitmen mengevaluasi wacana optimalisasi jalur sepeda.

"Kan kemarin komitmen dievaluasi," kata Heru di Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

BACA JUGA : Penyebab Pemobil Fortuner Tabrak Beton Jalur Sepeda di...

Heru mengungkapkan adanya penambahan jalur sepeda di Jakarta namun tidak banyak. Dia meminta penambahan jalur sepeda nantinya dijalankan dengan mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi.

"Ya ada pembangunan sedikit, tetapi yang harus efektif efisien dan dapat digunakan," imbuhnya, dilansir dari detik.com

Pemprov DKI Anggarkan Rp 7,5 M untuk Jalur Sepeda

Sebagaimana diketahui, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membenarkan anggaran jalur sepeda kembali dimasukkan ke RAPBD 2023 sebesar Rp 7,5 miliar. Nantinya, anggaran Rp 5 miliar di antaranya akan digunakan untuk kegiatan optimalisasi jalur.

BACA JUGA : Pemotor Tabrak Pejalan Kaki di Tangsel, Motor Terbakar – 2 Orang...

"Begitu dalam pembahasan terakhir pada hari Rabu kemarin kami kembali lakukan pembahasan dengan komisi B, itu sudah ditambahkan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar," kata Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/11).

Syafrin menjelaskan, nantinya optimalisasi jalur sepeda akan dilakukan berdasarkan hasil rekomendasi dari evaluasi komprehensif sehingga tak tertutup kemungkinan ada penambahan jalur sepeda baru dalam kegiatan optimalisasi. Hanya, sifatnya menghubungkan jalur satu dengan jalanan di lingkungan kompleks.

"Optimalisasi bukan berarti nggak bangun jalur baru ya, contohnya begitu ada jalan lingkungan yang harus dikoneksikan jalur sepeda agar lebih optimal, maka itu bisa disiapkan," jelasnya.(ros)