Penyebab Pemobil Fortuner Tabrak Beton Jalur Sepeda di Sudirman

Mobil Fortuner dengan nomor kendaraan B-2054-SJA menabrak beton pembatas jalan jalur sepeda di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Pengendara mobil inisial RKP rupanya masih berusia belasan tahun.

Penyebab Pemobil Fortuner Tabrak Beton Jalur Sepeda di Sudirman
Foto: Jalur sepeda rusak porak-poranda dan luluh-lantak, Jl Sudirman, Jakarta, 17 November 2022 pagi. (Dok. Pei Adanya)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Mobil Fortuner dengan nomor kendaraan B-2054-SJA menabrak beton pembatas jalan jalur sepeda di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Pengendara mobil inisial RKP rupanya masih berusia belasan tahun.

"(Usia) 18 tahun," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra saat dihubungi, Sabtu (19/11/2022).

BACA JUGA: Dua Kereta Barang Bertabrakan di Jerman, Salah Satu Kereta Bermuatan Gas yang Mudah Terbakar


Jhoni mengatakan dari keterangan awal RKP hingga kartu identitas diketahui RKP berstatus karyawan swasta. Surat kendaraan yang dikemudikan oleh RKP pun disebut lengkap.

"Semuanya lengkap nggak ada masalah (surat-surat kendaraan). Hanya kecelakaan tunggal," katanya.

Kecelakaan itu terjadi pada Kamis (17/11) dini hari. Mobil Fortuner yang dikendarai RKP menabrak pembatas jalan hingga membuat rusak jalur sepeda di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Menurut Jhoni, kecelakaan itu diduga sopir yang kehilangan konsenterasi. Sejauh ini belum ada temuan sopir dalam keadaan mabuk ketika kecelakaan terjadi.

"Belum mengarah ke situ (sopir mabuk) karena dari hasil pemeriksaan aawal di lokasi alkohol nggak ada. Faktornya bisa ngantuk atau pengaruh kendaraan atau apakah dia ngantuk. Informasi dia mabuk dari pemeriksaan TKP nggak ada sementara dan bau alkohol nggak ada," tutur Jhoni.

Sempat Porak-poranda

Pembatas jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, sempat porak-poranda. Belakangan terungkap bahwa penyebab jalur sepeda itu porak-poranda karena ditabrak pengendara mobil Fortuner.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (17/11) pagi. Kondisi porak-poranda jalur sepeda di Sudirman ini dipotret oleh Pei Adanya, pesepeda dengan akun Instagram berpengikut 13,5 ribu. Dia melintasi jalan itu pukul 07.30 WIB Kamis pagi, saat jalan masih basah dan gerimis masih turun.

"Tadi saya melintas di Jl Sudirman, tepatnya di bawah JPO setelah FX dari arah Bundaran Senayan," kata Pei dilansir dari detikcom, Kamis (17/11).

Lokasi jalur sepeda yang porak-poranda dekat dengan Gate 6 Stadion Gelora Bung Karno (arah Bundaran HI), di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO). Pei membagikan foto dan video, terlihat pot-pot beton yang menjadi pembatas jalur sepeda dengan jalur kendaraan bermotor telah luluh-lantak tak lagi berjejer rapi.

BACA JUGA: Miris! Pesawat Penumpang di Peru Tabrak Truk Pemadam Kebakaran, 2 Orang Dikabarkan Tewas


Ada pot yang cenderung melintang ke arah jalur sepeda, ada yang isi tanahnya tumpah. Namun tidak ada yang jatuh ke arah jalur kendaraan bermotor.

Jalur sepeda terproteksi di Jl Jenderal Sudirman ini porak-poranda. Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah memperbaiki kondisi pembatas jalur sepeda tersebut.

"Sudah diperbaiki tadi siang, sudah selesai," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari kepada detikcom, Kamis (17/11).(eky)