Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraTingkatkan Skill Mahasiswa, FKIP Undana Gelar Seminar Nasional Hingga Pelatihan Karya Tulis

Tingkatkan Skill Mahasiswa, FKIP Undana Gelar Seminar Nasional Hingga Pelatihan Karya Tulis

NUSADAILY.COM – KUPANG – Untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa, BEM Fakultas Kegunaan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) menggelar 4 kegiatan sekaligus. Antara lain Lomba Mikro Teaching, Seminar Nasional (SEMNAS), Penguatan Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) serta Pelatihan Karya Tulis Ilmiah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Empat kegiatan tersebut digelar secara berurutan selama empat minggu terhitung mulai tanggal 26 Oktober hingga tanggal 13 November 2021, secara daring dan luring.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malkisedek Taneo menjelaskan, pandemi Covid-19 membuat dinamika dan semangat mahasiswa dalam membuat berbagai kegiatan, terkendala aturan pemerintah yang mencegah adanya kerumunan massa.

BACA JUGA: KSMM Undana Gelar Creative Online Contest 2021

”Yang kita pertimbangkan adalah keselamatan kita bersama sehingga ada sejumlah kegiatan yang pada awal 2021 yang sebenarnya kita agendakan. Tetapi dalam pertengahan tahun kita melakukan revisi anggaran. Sehingga sejumlah program yang kita alihkan ke kebutuhan-kebutuhan lain yang sifatnya mendesak tetapi untuk kepentingan mahasiswa,” jelasnya.

Malkisedek Taneo menambahkan, ada beberapa program yang sebenarnya tersisa di Tahun 2021. Pertama adalah Lomba Mikro Teaching. Digelar dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berkreasi, membuat perangkat pembelajaran dan bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagai sebuah kebutuhan karena mahasiswa FKIP itu LPTK.

”Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar mereka bisa berlomba dan mengembangkan kretifitas mereka terkait kemampuan membuat perangkat pembelajaran dan kemampuan mengajar,” katanya.

“Lomba mikroteaching ini kita mau lakukan di setiap semester supaya memberikan ruang kepada banyak mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan,tetapi banyak kendala sehingga kita lakukan secara terbatas,” lanjutnya.

Lanjutnya, kegiatan yang kedua adalah Seminar Nasional. Program ini dilakukan setiap tahun dan pada tahun ini digelar secara online.

Berlangsung pada tanggal 6 November 2021 dengan Teema ”Learning Loss dan Kualitas Pembelajaran Untuk Masa Dwpan Indonesia Yang Tangguh”. Menghadirkan dua narasumber Nasional, Dr. Suyadi M.Ed Dekan FKIP Universitas Borneo Tarakan, serta Prof. Dr. Sunyono, M.Si Wakil Dekan Bidang Akademik Universitas Lampung.

“Tujuannya adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan peserta terkait dengan Learning Loss yang semntara kita alami dalam Covid-19,” katanya.

BACA JUGA: Mahasiswa FTUI Rancang Sistem Pengelolaan Sampah Berbasis Teknologi

Kegiatan yang ketiga adalah Penguatan Kewirausahaan Mahasiswa yang digelar pada 30 Oktober lalu. Mendatangkan dua narasumber sekaligus, yakni praktisi dalam bidang kewirausahaan Deky Fanggidae S.Pd, pemilik CV Nusa Lontar dan Meybi Neolaka, Founder Timor Morinaga.

“Karena memang ada program dari pemerintah lewat kementerian namanya program kewirausahaan mahasiswa. Nah program itu menjadi semangat untuk kita di Fakultas menyediakan terkait itu. Sehingga kita dibekali dengan pengetahuan praktis dan strategi oleh narasumber,” paparnya.

Kegiatan terakhir adalah Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Dilatarbelakangi salah satu kebutuhan di perguruan tinggi teristimewa untuk mahasiswa adalah kebutuhan membuat Karya Tulis Ilmiah yang baik.

Menghadirkan tiga pemateri yaitu Prof. Dr. Mintje Ratoe Oedjoe. M.Si, Aleksius Madu, S.Pd, Mpd dan Andreas Ande, M.Si. Mahasiswa dituntut juga memiliki skill untuk kebutuhan karya tulis ilmiah. Dan bukan hanya dibutuhkan, sekarang tetapi ke depan.

“Saya tahu bahwa mahasiswa ini banyak berorganisasi dan banyak berdiskusi sehingga banyak sekali ide yang sifatnya aktual dan kekinian. Untuk itu mahasiswa bisa tuangkan dalam tulisan karya ilmiah. Dengan harapan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini mengetahui teknik pembuatan karya ilmiah yang baik serta menggunakan metodologi yang baik,” jelasnya.

Malkisedek Taneo berharap, dengan sejumlah kegiatan ini, mahasiswa bisa memiliki motivasi yang kuat. Memiliki semangat untuk bisa terlibat dalam beberapa kegiatan selanjutnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua BEM FKIP Undana Alden Mesah.

“Saya merasa bahwa kegiatan Karya Ilmiah yang diselenggarakan kemarin adalah ruang yang diberikan kepada seluruh mahasiswa FKIP UNDANA. Untuk dapat memperdalam ilmu pengetahuan melalui penulisan karya Ilmiahnya,” katanya.

Pihaknya berharap setelah kegiatan ini, mahasiswa sudah punya pengetahuan yang cukup sehingga mampu menghasilkan karya ilmiah yang dapat diakui ditingkat nasional maupun internasional.

“Juga saya berharap kedepan mahasiswa FKIP UNDANA dapat didorong oleh pihak fakultas maupun universitas untuk mengikuti Lomba-lomba penulisan Karya Ilmiah. Sehingga Kegiatan seperti ini tidak sebatas formalitas semata tetapi ada tindakan nyata,” pungkas Alden. (bai/lna)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily