Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsNusantaraHarga Jual Karet di Pasaman Barat Mulai Naik Jadi Rp7.000

Harga Jual Karet di Pasaman Barat Mulai Naik Jadi Rp7.000

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SIMPANG EMPAT – Harga karet di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dalam tiga bulan terakhir mulai mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya Rp4.000 per kilogram saat ini naik menjadi Rp7.000.

BACA JUGA: Keren! Sepeda Motor Terbang Masa Depan Segera Hadir, Harganya Rp 5,7 Miliar

“Ada pergerakan harga jual yang mulai naik namun masih belum normal. Kalau bisa harga Rp9.000 sampai Rp10.000 per kilogram,” kata petani Karet di Kapa Simpang Empat Son, Selasa.

Ia mengatakan dengan harga Rp7.000 per kg masih belum bisa untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap minggunya.

“Harga segitu belum bisa untuk mencukupi kebutuhan harian kami setiap minggunya. Sudah bisa dikatakan cukup apabila harga perkilogramnya berkisar di harga Rp9.000 sampai dengan Rp10.000 perkilogramnya,” sebutnya.

BACA JUGA: Ini Lo 5 Manfaat Kopi Campur Madu

Menurut dia, pohon getah karetnya saat ini  hanya ada sebanyak 300 batang. Inipun karena sudah tidak ada pilihan pekerjaan lain lagi, daripada menganggur. Apalagi saat kondisi COVID-19 ini semua terasa sulit.

BACA JUGA: Khasiat 7 Makanan Ini bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan

Ia mengakui untuk penghasilan segitu hanya bisa untuk biaya makan ia dan keluarganya setiap minggunya. Sedangkan untuk kebutuhan lainnya seringkali terkendala.

“Kalau boleh kita berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan kondisi harga jual beli getah karet ini di pasaran. Karena kita merasa seperti ada permainan harga oleh para pengepul ataupun agen sehingga harga selalu rendah,” ungkapnya.

BACA JUGA: Begini Lo Bund Seks Aman, Tak Sebabkan Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi

Sementara itu Kepala Bidang Perencanaan Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat Afrizal Daulay mengatakan untuk komoditi perkebunan karet di Pasaman Barat ada seluas 7.840 hektare.

Menurut dia, jumlah lahan seluas itu bisa memproduksi sebanyak 7.949 ton pertahun. Jumlah lahan ini tersebar di Kecamatan Ranah Batahan, Koto Balingka dan Gunung Tuleh.

BACA JUGA: Lita Manda Biduan Muda dari Subang, Parasnya Cantik dan Suaranya Imut

Ia mengakui harga karet mulai mengalami kenaikan dan dari hasil pemantauan di lapangan harga karet saat ini sudah Rp8.500 perkilogramnya.(eky)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...