Mangsa Ayam, Ular Piton Sepanjang 5 Meter Ditangkap Warga Parang Magetan

Mangsa Ayam, Ular Piton Sepanjang 5 Meter Ditangkap Warga Parang Magetan
Ular piton sepanjang 5 meter di Mategal Parang diamakan pemilik ternak. Minggu (10/12/2023).

NUSADAILY.COM - MAGETAN - Ular piton sepanjang 5 meter teror para peternak ayam di Kabupaten Magetan Jawa Timur. Sebuah kandang ayam petelur di Desa Mategal Kecamatan Parang disatroni binatang melata ini. Puluhan ayam milik Sukamto (40) warga setempat habis dimangsanya.

Beruntung malam tadi, Minggu (10/12/2023) ular piton yang selama ini meresahkan tersebut keluar dari persembunyiannya dan berhasil ditangkapnya. 

Diceritakan Sukamto jika awalnya setiap hari ayamnya selalu saja ada yang mati dalam jumlah banyak. Ia sempat curiga tekena penyakit, namun setelah diselidiki ayam mati akibat ketakutan terhadap binatang.

"Kita dapati ayam mati akibat stres ketakutan sama ular piton ini. Namun ular sulit ditangkap bersembunyi usai memakan ayam. Baru tadi malam berhasil keluar dan berhasil kita tangkap," katanya. 

Ini sudah yang ke-4 kali katanya, dan telah menghabiskan ratusan ayamnya. Ia pun kemudian rutin patroli kandang hingga ular tersebut dapat ditemukan. 

"Alhamdulillah akhirnya ketemu dan kita tangkap. Pada saat kita tangkap di dalam perutnya sudah memangsa tiga ayam," paparnya.

Ditambahkan Karjo warga setempat, jika sudah puluhan kali ular mereka tangkap. Ia menyebut habitat ular memang berasal dari gunung Bungkuk yang kebanyakan hutan lebat. 

"Disini memang habitatnya ya, ular datang dari gunung bungkuk yang hutannya lebat. Kemudian saat lapar turun menyasar kandang ayam," jelasnya.

Usai ditangkap ular piton sepanjang 5 meter tersebut rencanamya akan diserahkan kepada para pecinta reptil di Magetan. 

"Musim hujan biasanya banyak ular piton turun ke pemukiman dari lereng gunun untuk mencari mangsa. Yang penting masyrakat tetap waspada," pungkasnya. (*/nto).