Istana Pastikan Keamanan KTT G20 di Bali, Termasuk Antisipasi Ancaman Kelompok Teror

Istana memastikan keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Aparat sudah mengantisipasi berbagai potensi ancaman, termasuk dari kelompok teroris.

Istana Pastikan Keamanan KTT G20 di Bali, Termasuk Antisipasi Ancaman Kelompok Teror
KTT G20 Bali (ANTARA Zabur Karuru)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Istana memastikan keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Aparat sudah mengantisipasi berbagai potensi ancaman, termasuk dari kelompok teroris.

"Kalau potensi-potensi ancaman, yang berpeluang bersifat undirect ya, biasanya ancaman nonmiliter, tetapi potensi ini yang juga sudah kami persiapkan peta pergerakan kelompok-kelompok itu yang selama ini diwaspadai oleh aparat keamanan. Bahkan dari kelompok-kelompok teroris sudah kami baca semua potensinya, kami berharap pelaksanaan ini semuanya bisa lancar," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Media Center KTT G20, BICC, Nusa Dua, Bali, dikutip dari detikcom Minggu (13/11/2022).

BACA JUGA: Kata Luhut soal Elon Musk Batal Datang ke Bali


Moeldoko mengatakan aparat sudah bekerja dengan sangat baik untuk mengamankan KTT G20 Bali. Potensi kemacetan di sekitar lokasi KTT G20 juga sudah diantisipasi.

Selain itu, Moeldoko berbicara mengenai banyaknya permintaan pertemuan bilateral kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menilai hal itu sebagai bentuk kebanggaan untuk Indonesia.

"Ini hebatnya presiden kita ini ya semuanya sudah terjadwal sebenarnya tapi banyak sekali yang menginginkan minta waktu kepada Pak Jokowi ini, presiden kita ini. Kita mesti bangga presiden kita di mata para kepala negara luar itu luar biasa sampai kesulitan untuk Menlu mengurusnya," imbuh Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu juga mengungkapkan banyak permintaan dispensasi mengenai pesawat delegasi G20. Menurut Moeldoko, semua hal telah dipikirkan secara matang oleh penyelenggara KTT G20.

"Berikutnya juga pesawat-pesawat delegasi yang ingin mendarat di sini dari beberapa negara juga ingin minta dispensasi, tetapi ya semuanya sudah dipikirkan apa direncanakan sehingga nanti mungkin ada tidak bisa terpenuhi," ujar dia.

KTT G20 Indonesia

Sebagaimana dikutip dati situs resmi, G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.

BACA JUGA: Perang Ukraina-Rusia Akan Menjadi Bahasan Utama Dewan Eropa di KTT G20 Bali


Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.(eky)