Daftar Lengkap Pemimpin Negara yang Hadir KTT G20 Bali, Ada Biden dan Xi Jinping

Sebanyak 17 pemimpin negara mengkonfirmasi kehadirannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Daftar Lengkap Pemimpin Negara yang Hadir KTT G20 Bali, Ada Biden dan Xi Jinping
Barisan bendera negara-negara yang akan mengikuti KTT G20 2022 akan berlangsung di Bali (Foto: G20)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Sebanyak 17 pemimpin negara mengkonfirmasi kehadirannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping masuk daftar pemimpin yang akan menghadiri KTT G20 Bali.

Dirangkum, Minggu (13/11/2022), hanya 3 kepala negara yang absen dalam pertemuan yang digelar di Bali. Siapa saja mereka dan apa alasannya?

Sebagai informasi, KTT G20 Bali digelar pada 15-16 November. KTT ini dihadiri oleh 20 negara anggota G20, seperti Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap.

BACA JUGA: Kata Luhut soal Elon Musk Batal Datang ke Bali


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan sebanyak 17 pemimpin negara dan 3.443 delegasi terkonfirmasi hadir di KTT G20 Bali, bahkan sebagian delegasi pun telah berdatangan ke Indonesia.

"(G20) akan melibatkan lebih dari 3.443 delegasi, dan 17 head delegation (kepala delegasi) anggota G20," kata Luhut.

Selain delegasi negara, G20 bakal dihadiri sejumlah lembaga dan kelompok, misalnya jurnalis dan utusan lembaga internasional. Diperkirakan jumlah seluruhnya mencapai 12.750 orang.

"Di samping para pemangku kepentingan lain seperti para pebisnis, tim supporting delegasi resmi, aktivis LSM, utusan lembaga internasional, jurnalis, observer dengan jumlah keseluruhan mencapai lebih dari 12.750 orang," kata Luhut.

Menurut Luhut, KTT G20 di Bali adalah momen untuk menjaga wajah Indonesia di mata dunia. Berikut ini daftar pemimpin negara yang akan hadir di KTT G20, seperti dikutip dari detikcom:

1. Presiden AS, Joe Biden
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dipastikan hadir di KTT G20. Kehadiran Joe Biden disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sudah, sudah, yang sudah pasti 17," kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11/2022). Jokowi menjawab pertanyaan apakah Joe Biden dan Xi Jinping bakal hadir di KTT G20.

2. Presiden China, Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping juga dipastikan kehadirannya. Sama seperti Joe Biden, kehadiran Xi juga dikonfirmasi langsung oleh Presiden Jokowi.

3. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau
Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau menyatakan akan menghadiri KTT G20 di Bali. Rencana itu diumumkan Trudeau melalui laman resmi pemerintah Kanada pada Rabu (2/11).

"Perdana Menteri, Justin Trudeau, hari ini mengumumkan bahwa ia akan berpartisipasi dalam KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja, KTT G20 di Bali, Indonesia," demikian bunyi pernyataan itu.

4. Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga akan hadir di KTT G20 di Bali. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa Sunak yang baru menjabat PM pada 25 Oktober lalu telah mengkonfirmasi kehadirannya.

"Kita juga dapat konfirmasi dari kehadiran dua pemimpin G20 yang baru, yaitu PM Inggris dan Italia. Baru saja masuk dan sudah saya laporkan kepada Bapak Presiden," kata Retno di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/10).

5. Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni
Kehadiran Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni juga sudah terkonfirmasi. Menlu RI Retno LP Marsudi mengaku sudah menerima konfirmasi kehadiran Meloni di KTT G20.

6. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Said
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Said disebut juga akan menghadiri KTT G20 di Bali. Kehadiran Raja Salman itu diungkapkan Menteri Perdagangan Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

"Sejauh yang saya ketahui, pemimpin kami selalu menghadiri KTT G20. Karena itu, kami sangat menunggu-nunggu pertemuan ini. Sebagai anggota, kami mendukung Indonesia (tuan rumah G20 tahun ini) untuk bangkit bersama-sama, dan bangkit lebih kuat," kata Qasabi, seperti dikutip Antara.

Kendati demikian, belum ada keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri RI dan Kedubes Saudi di Jakarta terkait siapa yang akan memimpin delegasi dalam pertemuan puncak G20 nanti.

7. Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol juga dipastikan hadir di KTT G20 di Bali. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat senior pemerintah negara itu.

"Kami mengatur pertemuan puncak dengan negara-negara kunci pada kesempatan menghadiri pertemuan ASEAN dan G20," kata penasihat keamanan nasional Yoon, Kim Sung Han, dalam jumpa pers di Seoul, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/11).

Yoon juga rencananya melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden AS Joe Biden di sela-sela acara KTT G20.

8. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga dikabarkan hampir pasti menghadiri langsung KTT G20 di Bali. Dikutip AFP, Erdogan mengaku juga akan mendiskusikan kelanjutan Kesepakatan Pasokan Gandum bersama Rusia di sela-sela KTT G20.

"Presiden (Rusia) Vladimir Putin mengatakan kepada saya saat telepon bahwa kita harus mengirim gandum bebas biaya, termasuk ke Djibouti, Somalia, dan Sudan. Kami setuju," kata Erdogan dalam pidatonya yang disiarkan di televisi pada 4 November lalu.

9. Presiden Argentina, Alberto Fernandez
Presiden Argentina Alberto Fernandez disebut akan menghadiri KTT G20 di Bali usai berkunjung ke Prancis. Menurut laporan kantor berita South Atlantic Merco Press, Fernandez akan terbang ke Indonesia setelah memenuhi undangan dialog di Paris, Prancis.

10. Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese
Kehadiran Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di KTT G20 sudah dikonfirmasi. Albanese akan menghadiri KTT G20 di Bali usai menghadiri KTT ASEAN di Kamboja.

Dilansir ABC Australia, Albanese bahkan menyatakan bersedia berbicara dengan Presiden Xi Jinping yang akan hadir di Bali dan juga pertemuan APEC di Bangkok.

"Peran saya dalam KTT ini adalah menjadi pembawa suara tidak saja bagi Australia namun juga tetangga kami negara-negara Pasifik yang menghadapi banyak tekanan seperti yang kami alami," kata Albanese.

"Dalam setiap KTT, saya akan menekankan komitmen Australia bagi transisi global ke arah 'net zero', dan visi kami bagi kawasan yang stabil, damai, ulet, dan makmur."

11. Perdana Menteri India, Narendra Modi
Perdana Menteri India Narendra Modi sudah memastikan kehadirannya di KTT G20 di Bali. KTT G20 di Bali nanti juga menjadi momen penting bagi India lantaran negara itu akan meneruskan presidensi forum internasional tersebut tahun depan.

"Pekan depan, saya akan pergi ke Indonesia. Akan ada pengumuman formal di sana terkait presidensi India di G20 tahun depan," kata Modi seperti dikutip NDTV.

12. Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa
Presiden Cyril Ramaphosa juga telah mengkonfirmasi kehadiran di KTT G20 nanti.

"Presiden Ramaphosa akan berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali, Indonesia, di mana para pemimpin ekonomi maju dan berkembang utama dunia akan mengadakan diskusi tentang prioritas global yang diketuai oleh Indonesia selama masa jabatannya sebagai Presidensi G20 tahun ini," bunyi pernyataan pemerintah Afrika Selatan.

13. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dilaporkan akan menghadiri KTT G20 di Bali. Kishida akan menghadiri G20 setelah dari pertemuan KTT ASEAN di Kamboja.

Dilansir The Japan Times, Kishida juga disebut berencana bertemu secara bilateral dengan Presiden China Xi Jinping dalam forum internasional itu.

14. Kanselir Jerman, Olaf Scholz
Kanselor Jerman Olaf Scholz juga dilaporkan akan menghadiri KTT G20 di Bali. Wakil Juru Bicara Pemerintah Federal Wolfgang Buchner mengatakan Scholz akan berpartisipasi di KTT G20 setelah berkunjung ke Vietnam dan Singapura.

"Menjelang partisipasinya dalam KTT G20, Kanselir Federal pertama-tama akan mengunjungi Vietnam pada Minggu, 13 November, dan kemudian Singapura pada Senin, 14 November," kata Buchner kepada wartawan dalam sebuah pengarahan.

BACA JUGA: Perang Ukraina-Rusia Akan Menjadi Bahasan Utama Dewan Eropa di KTT G20 Bali


3 Pimpinan Negara Tak Hadir

Luhut menjelaskan, tiga pemimpin negara tidak akan menghadiri KTT G20 di Bali. Termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dengan alasan ada jadwal lain.

"Tiga pemimpin negara yang tidak bisa datang, pertama Presiden Putin karena memiliki urusan yang harus diselesaikan di negaranya," ujar Luhut, Sabtu (12/11/2022).

Selain Presiden Rusia, kedua pemimpin negara lain yang tidak hadir adalah dari Brasil dan Meksiko.

"Kedua, Presiden Brasil tidak bisa datang karena transisi kekuasaan pascapemilu. Ketiga, Presiden Meksiko. Sejauh yang saya tahu, dia tidak pernah jauh dari Meksiko," sambung Luhut.(eky)