Catat! Ini Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat, Apa Saja?

Sayuran memiliki beragam nutrisi yang dapat dimanfaatkan sebagai asupan sehat guna menjaga kesehatan tubuh.

Catat! Ini Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat, Apa Saja?
ilustrasi sayuran (shutterstock)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Sayuran memiliki beragam nutrisi yang dapat dimanfaatkan sebagai asupan sehat guna menjaga kesehatan tubuh. Sebelum mengenali apa saja sayuran penurun kolesterol paling cepat, yuk kenali dulu apa itu kolesterol!

Kolesterol adalah zat lilin alami yang berasal dari makanan dan hati. Zat ini terdiri dari dua jenis yang bertolak belakang, yaitu kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

BACA JUGA: Resep Smoothies Mangga Yoghurt, Segar dan Menyehatkan


Kadar LDL yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu penyakit jantung. Oleh karenanya, HDL tercipta untuk mengangkut LDL keluar menuju hati guna dibuang melalui empedu.

Batas aman kolesterol total adalah 200 mg/dL. Tidak ada gejala khusus ketika kolesterol tinggi. Oleh karena itu, masyarakat sering tidak sadar dengan kondisinya dan lambat laun mengidap penyakit serius.

Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat

Selain menggunakan obat medis dan disiplin terapkan budaya hidup sehat, konsumsilah sayuran penurun kolesterol berikut ini dikutip dari detikHealth:

1. Brokoli
Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya serat larut. Seperti diketahui, serat larut memang baik untuk menekan kadar LDL dalam darah. Selain itu, sayuran hijau ini tinggi vitamin C dan antioksidan guna menjaga kesehatan jantung lebih optimal.

2. Asparagus
Asparagus cukup mudah diolah. Cukup mengonsumsinya dengan cara dipanggang atau direbus sebentar, masyarakat sudah bisa mendapatkan banyak manfaatnya.

Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kaya akan folat, sayuran ini juga membantu menurunkan kadar homosistein yang menjadi pemicu penyakit jantung dan penyumbatan arteri.

3. Bayam
Selain tinggi zat besi, bayam mengandung serat yang dapat mengurai kolesterol jahat dalam darah. Beberapa sayuran berserat tinggi lainnya adalah wortel dan sawi.

4. Kale
Kale membantu membantu menurunkan kolesterol dengan cara meningkatkan produksi Oksida Nitrat (NO) sehingga melebarkan pembuluh darah dan mengurangi aterosklerosis. Sayuran hijau ini juga sering direkomendasikan oleh ahli gizi untuk menyehatkan jantung karena tinggi potasium, magnesium, antioksidan, dan serat.

5. Terong
Dalam 100 gram terong terdapat 3 gram serat yang membantu mengusir LDL dan lemak jahat dalam tubuh. Hal ini akan jadi kabar baik bagi penggemar terong karena mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

6. Okra
Bagi masyarakat Indonesia, okra kerap menjadi menu lalapan disandingkan dengan makanan berat. Tinjauan pada 2014 menyebut sayuran ini membantu mengurai kolesterol jahat dan membuangnya melalui feses.

BACA JUGA: Ribuan Sayuran di Henan hingga Shandong Tak Laku, Siapa yang Tanggung Jawab?


7. Kubis Mini (Kubis Brussel)
Kubis Brussel memiliki senyawa antioksidan dan antiinflamasi untuk
melindungi dari penyakit jantung. Sayuran ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan kestabilan tekanan darah.

Agar tidak bosan, rekomendasi sayuran tersebut dapat diolah dengan variatif pun bisa dicampurkan dengan bahan lain sesuai selera. Perlu diingat, sayuran penurun kolesterol paling cepat tidak akan bekerja efektif jika masyarakat hanya mengandalkannya saja. Jagalah pola makan dengan kurangi gorengan dan makanan berlemak.(eky)