181 Negara Menjalin Hubungan Diplomati dengan China saat Ini

Sebanyak 181 negara menjalin hubungan diplomatik dengan China, sejumlah 172 pada sepuluh tahun lalu, kata Wakil Menteri Luar Negeri Ma Zhaoxu,

NUSADAILY.COM – BEIJING - Sebanyak 181 negara  menjalin hubungan diplomatik dengan China, sejumlah 172 pada sepuluh tahun lalu, kata Wakil Menteri Luar Negeri Ma Zhaoxu, Kamis (20/10) pada Kongres CPC.

Melansir Xinhua, “jumlah kemitraan yang sejauh ini telah dibangun China dengan negara-negara dan organisasi regional di seluruh dunia juga meningkat dari 41 satu dekade lalu menjadi 113 saat ini.” Kata Ma di sela-sela konfersi pers.

BACA JUGA : Melihat Agenda Kongres Partai Komunis China di Akhir Pekan...

“Negara telah memajukan pembangunan kemitraan koordinasi strategis komprehensif China-Rusia untuk era baru, mengusulkan tiga prinsip saling menghormati, koeksistensi damai dan kerja sama win-win untuk hubungan China-AS, dan menganjurkan China-Uni Eropa. kemitraan untuk perdamaian, pertumbuhan, reformasi dan peradaban, kata Ma.

Ini juga memperkuat dukungan strategis dari negara-negara tetangga, dan merangkul persatuan dan kerjasama yang lebih erat dengan negara-negara berkembang lainnya.

BACA JUGA : Media Rusia: Indonesia Rencanakan Pertemuan Putin-Biden...

Kedaulatan nasional China, keamanan dan kepentingan pembangunan telah dilindungi dengan penuh semangat dalam proses tersebut, kata Ma.

Selama dekada terakhir, upaya diplomatik China sudah memperkuat dukungan internasional untuk kebijakan satu China, membendung campur tangan eksternal dalam urusan Hong Kong, menggagalkan serangan serta fitnah pasukan anti china terhadap China serta menjaga kepentingan dan martabat nasional, ungkapnya.(mdr1/lal)