Waduh! Daerah Dekat Kawasan Kamp Pendakian Gunung Kilimanjaro Terbakar

Beberapa wilayah Kilimanjaro telah terbakar sejak Jumat (21/10). Dari video yang beredar di media sosial, api berkobar tidak jauh dari sebuah kamp pendakian.

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kebakaran di gunung tertinggi Afrika di dekat kamp pendakian Kilimanjaro pada ketinggian sekitar 4.000 mdpl terjadi pada Jumat (21/10).

Beberapa wilayah Kilimanjaro telah terbakar sejak Jumat (21/10). Dari video yang beredar di media sosial, api berkobar tidak jauh dari sebuah kamp pendakian.

Gunung dengan tinggi sekitar 5.895 mdpl, itu adalah gunung tertinggi di Afrika dan terletak di Tanzania, Afrika Timur.

BACA JUGA : Tempat Karaoke di Bogor Kebakaran, Korsleting Listrik Diduga...

Melansir Merkur, api berkobar di dekat kamp Karanga di ketinggian sekitar 3.900 meter di atas permukaan laut. Setelah kebakaran diketahui, layanan darurat segera memulai mempersiapkan operasi pemadaman, seperti yang diumumkan petugas konservasi alam setempat.

Ratusan pemadam kebakaran berusaha memadamkan api. Sekitar 320 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk berusaha menjinakkan si jago merah.

Operasi menjadi lebih sulit oleh awan tebal dan asap serta angin yang berhembus kencang. Api dengan cepat menyebar secara luas karena tanaman kering yang mudah terbakar tumbuh di ketinggian ini, seperti yang diumumkan otoritas taman Tanzania pada Sabtu.

Dengan cepat, api menyebar ke arah moorland. Beberapa pemandu wisata disebut berusaha memadamkan api menggunakan dedaunan.

Kebakaran di dekat kamp pendakian gunung Kilimanjaro di Tanzania. Foto: Getty Images

BACA JUGA : Menelisik Penyebab Orang Tua Korban Kanjuruhan Batalkan Autopsi

Sejauh ini, tidak ada indikasi korban luka maupun jiwa atas musibah yang terjadi tersebut.

Penyebab kebakaran masih belum jelas. Seorang pemandu wisata dari jalur Mweka, (lokasi terjadinya kebakaran) mengkonfirmasi kebakaran tersebut ke portal media online The Citizen.

Kilimanjaro adalah tujuan wisata yang sangat popular. Gunung ini dapat didaki dalam tur multi-hari. Sekitar 50.000 orang tercatat melakukan perjalanan ke puncak Kilimanjaro setiap tahunnya.

Sebelumnya, kebakaran di Kilimanjaro juga terjadi pada tahun 2020. Saat itu, sekitar 50 kilometer persegi hutan gunung terbakar. Penduduk dan pegawai otoritas taman Tanzania berhasil memadamkan api setelah beberapa hari kemudian. Masih harus dilihat kapan api di Kilimanjaro bisa dipadamkan kali ini.(jrm1/lal)