Pertama di Indonesia, Seluruh Desa Kota Batu Berstatus Mandiri

Ini bisa dijadikan contoh. Sebab pola atau model pembangunan desa yang bagus dengan cara melakukan replikasi. Mencontoh suatu desa yang sudah sukses kemudian direplikasi ke desa lain menyesuai situasi kondisi kebutuhan setempat

NUSADAILY.COM - KOTA BATU – Kota Batu menjadi kota pertama di Indonesia yang mengantarkan seluruh desanya menyandang status desa mandiri. Totalnya ada 19 desa yang tersebar di tiga wilayah kecamatan se Kota Batu. Ada tiga desa diantaranya masuk 10 besar indeks desa membangun (IDM) tertinggi. Yakni, Desa Oro-oro Ombo dan Desa Sidomulyo di Kecamatan Batu dan Desa Punten yang berada di wilayah Kecamatan Bumiaji.

 

Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar pun datang langsung ke Kota Batu tepat pada peringatan hari jadi Kota Batu yang genap berusia 21 tahun (Senin, 17/10). Abdul Halim memberikan piagam penghargaan dan lencana Desa Mandiri kepada 19 kades se Kota Batu. Serta memberikan penghargaan lencana Bakti Desa Utama kepada Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko yang dianggap berhasil mengantarkan seluruh desa berstatus mandiri.

 

"Bentuk apresiasi kami memberikan piagam penghargaan. Serta atribut lencana desa mandiri yang dikenakan setiap bertugas. Hal ini penanda bahwa desanya mandiri sehingga ikut memacu desa-desa lain," kata Halim usai mengikuti upacara HUT ke 21 Kota Batu yang digelar di halaman Balai Kota Among Tani.

 

Dengan capaian itu, Kota Batu  dapat dijadikan percontohan untuk daerah lain di Indonesia. Halim mengatakan total desa di Indonesia sebanyak 74.961 desa. Hingga kini yang menyandang status desa mandiri sejumlah 6.631 desa se Indonesia. Pihaknya pun memacu agar desa-desa lainnya naik status menjadi mandiri.

 

"Ini bisa dijadikan contoh. Sebab pola atau model pembangunan desa yang bagus dengan cara melakukan replikasi. Mencontoh suatu desa yang sudah sukses kemudian direplikasi ke desa lain menyesuai situasi kondisi kebutuhan setempat" ujarnya.

 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengungkapkan penghargaan desa mandiri melengkapi capaian prestasi Kota Batu. Sekaligus menjadi kado spesial di momen HUT Kota Batu yang genap berusia 21 tahun. Dengan status desa mandiri, diharapkan bisa meningkatkan pemerataan pemberdayaan di tataran pedesaan. Didukung pula alokasi anggaran pembangunan yang dikucurkan kepada seluruh desa.

 

"Ini bukti keseriusan seluruh komponen desa mewujudkan pembangunan yang maksimal. Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari kerja keras semua pihak sehingga tercapai peningkatan terhadap status IDM di Kota Batu," pungkas Dewanti. (oer/wan)