Perdana Menteri Prancis Berikan Peringatan Terkait Gelombang Baru COVID-19

Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne memperingatkan pada Selasa (29/11) tentang kebangkitan COVID-19 di Prancis, "lebih dari 40.000 kasus baru" terdeteksi di setiap hari

Perdana Menteri Prancis Berikan Peringatan Terkait Gelombang Baru COVID-19
ilustrasi swab test sumber istockphoto

NUSADAILY.COM - PARIS - Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne memperingatkan pada Selasa (29/11) tentang kebangkitan COVID-19 di Prancis, "lebih dari 40.000 kasus baru" terdeteksi di setiap hari, kata Elisabeth Borne.

 ilustrasi covid-19 sumber istockphoto

Melansir Xinhua, berbicara kepada Majelis Nasional Prancis, Borne mengungkapkan keprihatinan atas rendahnya tingkat vaksinasi penguat di antara mereka yang dianggap berisiko tinggi terkena virus, memperingatkan bahwa COVID-19 "masih membunuh".

BACA JUGA : Malaysia Laporkan 2.898 Kasus Baru Positif COVID-19 dan...

Hanya 10 persen orang dalam kategori berisiko tinggi yang mendapatkan suntikan penguat, katanya.

"Epidemi COVID mulai lagi," katanya kepada deputi Prancis, dengan peningkatan hampir 10 persen rawat inap dalam satu minggu, peningkatan 22 persen rawat inap dalam perawatan kritis, dan 400 kematian akibat COVID-19 minggu lalu.

"Gelombang baru ini mengingatkan kita bahwa virus belum hilang." tambahnya.

BACA JUGA : Waduh! Myanmar Laporkan 19 Kasus Baru Positif COVID-19

Ia juga memperingatkan bahwa sistem rumah sakit negara itu akan menghadapi "tekanan tambahan" karena kebangkitan COVID-19 di tengah epidemi flu, dan epidemi bronkiolitis terburuk di Prancis dalam 10 tahun.

Borne menyerukan pengenalan kembali tindakan pencegahan tertentu, termasuk memakai masker di sekitar orang yang rentan dan di tempat ramai ramai.(mdr1/lal)