Penyebab Baterai Hp Tidak Bisa Penuh, ini 11 Cara Mengatasinya

Jika masih 100 persen berarti kualitas baterai hp masih dalam keadaan baik. Sementara jika sudah di bawah itu, misalnya 80 persen atau 90 persen, berarti kualitasnya sudah menurun dibandingkan kondisi baru

Penyebab Baterai Hp Tidak Bisa Penuh, ini 11 Cara Mengatasinya
Pengisian Batrai

NUSADAILY.COM- JAKARTA - Masalah pengisian baterai telepon genggam atau handphone (hp) yang tidak penuh bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Namun tak perlu khawatir karena ada cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh.
Melansir Tech Advisor, penyebab baterai hp tidak bisa 100 persen ketika diisi ulang biasanya karena kualitas baterai sudah menurun.

2 Cara Mengirim Pesan Kosong di WhatsApp Tanpa Aplikasi
Bagi pengguna iPhone, Anda bisa memeriksa kualitas baterai hp dengan mengakses bagian 'Pengaturan', lalu ke 'Baterai' dan 'Kesehatan baterai'. Nanti akan terlihat kapasitas maksimal dari baterai Anda.

BACA JUGA : CCTV Ditampilkan dalam Sidang Lanjutan, Brigadir J Masih...

Jika masih 100 persen berarti kualitas baterai hp masih dalam keadaan baik. Sementara jika sudah di bawah itu, misalnya 80 persen atau 90 persen, berarti kualitasnya sudah menurun dibandingkan kondisi baru.

Tingkat kualitas baterai ditentukan oleh berbagai faktor. Mulai dari cara penggunaan hp sehari-hari, jumlah aplikasi yang diunduh dan dioperasikan setiap harinya, data yang terlalu menumpuk, hingga jumlah notifikasi yang Anda terima dari berbagai aplikasi.

Tahukah Anda jika semakin banyak notifikasi yang masuk, maka akan semakin membebani kualitas baterai, sehingga persentasenya bisa menurun, termasuk saat proses pengisian daya jadi tidak penuh.

Berikut cara mengatasi baterai hp tidak bertambah saat dicas dari berbagai sumber.

BACA JUGA : Reuni Aksi 212 Akan Kembali Digelar, Lokasi di Sekitar...

1. Periksa lubang charger
Ilustrasi. Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh, salah satunya periksa lubangcharger (Foto: iStockphoto/AntonioGuillem)
Melansir Verizon, coba periksa lubang charger. Barangkali ada kerusakan di bagian ini. Biasanya, kerusakan terjadi karena lubang kemasukan air.

Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi karena ada pin atau serat yang bengkok atau patah. Jika Anda menemukan air atau serat, coba bersihkan, lalu pakai lagi untuk mengisi daya baterai hp.

2. Cek steker listrik
Coba cek steker listrik yang Anda gunakan, apakah benar tersambung dengan aliran listrik atau tidak. Bisa jadi, aliran listrik terputus, sehingga pengisian baterai terhenti.

3. Pastikan kepala dan kabel charger sesuai
Pengguna juga perlu memastikan bahwa kepala dan kabel charger sesuai untuk pengisian daya baterai ke hp, termasuk jika menggunakan fast charging. Pastikan kompatibel untuk hp yang digunakan.

4. Jangan gunakan charger palsu
Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh juga bisa dengan memastikan bahwa Anda menggunakan charger asli atau original.

Sebaiknya, Anda tidak menggunakan charger palsu atau KW karena hal ini bisa mempengaruhi kualitas pengisian daya dan ketahanan kualitas baterai ke depan
7 Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Putus-Putus
5. Coba dengan charger lain
Jika pengisian daya baterai di hp terhenti atau tidak bisa penuh, coba isi daya baterai dengan charger lain. Barangkali ada kerusakan di charger, sehingga tidak bisa meneruskan pengisian daya.

6. Jangan biarkan daya baterai habis sampai di bawah 20 persen
Ilustrasi. Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh, salah satunya jangan biarkan daya baterai habis sampai di bawah 20 persen (Foto: iStockphoto/spukkato)
Sebaiknya pengisian baterai hp mulai dilakukan sebelum daya baterai di bawah 20 persen. Artinya, ketika sudah mau 20 persen, sebaiknya langsung isi kembali daya baterai hp Anda.

Hal ini untuk menjaga kualitas baterai, sehingga tidak mudah rusak apalagi sampai tidak terisi penuh ketika tengah di-charger.

7. Tak perlu isi sampai 100 persen
Selain mengisi sebelum 20 persen, pengisian baterai hp sebenarnya juga tak perlu sampai 100 persen. Bahkan, siklus pengisian daya baterai hp mencapai 100 persen sejatinya hanya perlu dilakukan sebulan sekali.

Sebaiknya, pengisian daya baterai hanya sampai 80-90 persen saja. Hal ini untuk menjaga kualitas baterai tetap prima seperti baru. Anda bisa mengaktifkan pengingat agar pengisian daya baterai tak perlu mencapai 100 persen pada setiap periode pengisian daya.

Selain itu, sebisa mungkin hindari pengisian daya baterai yang ditinggal semalaman ketika Anda tidur karena rentan menyebabkan daya baterai terisi mencapai 100 persen dalam waktu yang lama.

8. Restart hp
Ilustrasi. Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh, salah satunya restart hp (Foto: astra-honda.com)
Cara mengatasi hp tidak bisa dicas baterai tanam lainnya bisa dengan memuat ulang (restart) hp. Anda bisa mematikan secara manual, lalu menyalakan kembali atau langsung menekan mode restart.

Hal ini akan memberikan penyegaran ke sistem hp, termasuk ketika ada kendala pengisian daya.

9. Charge hp dalam keadaan mati
Jika daya baterai masih belum bertambah sampai penuh, coba charge dalam keadaan hp mati. Cara lain juga bisa dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane).

Hal ini akan membuat segala aktivitas yang menyita baterai terhenti sementara, sehingga hp bisa fokus mengisi daya baterai tanpa harus sambil menjalankan sistem yang memakan daya baterai pada saat yang bersamaan.

10. Update software
Pengguna juga bisa memperbaharui perangkat lunak (software) ke versi baru. Biasanya, software terbaru bisa menunjang kinerja sistem dan penggunaan baterai dengan lebih optimal.

11. Ganti baterai
Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh berikutnya adalah dengan mengganti baterai. Sebab bisa saja, kualitas baterai memang sudah terlalu rendah, sehingga tidak bisa menunjang berbagai aktivitas di hp Anda dan ketika diisi ulang justru tidak bisa terisi sampai penuh.(ris)