Mauna Loa, Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Meletus Setelah Hampir 40 Tahun Tertidur

Gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa, yang terletak di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat, meletus untuk pertama kalinya sejak hampir 40 tahun terakhir, tepatnya 38 tahun.

Mauna Loa, Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Meletus Setelah Hampir 40 Tahun Tertidur
Tampak udara gunung Mauna Loa yang meletus. (USGS)

NUSADAILY.COM – HAWAII – Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar yang masih aktif di dunia. Setelah hampir 40 tahun, untuk pertama kalinya mengalami erupsi. Gunung yang terletak di Hawaii itu memuntahkan lava dan abu panas pada Senin (28/11) waktu setempat.

BACA JUGA : Jenazah Co Pilot Helikopter Polri yang Jatuh di Babel Berhasil...

Seperti dilansir morgenpost, gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa, yang terletak di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat, meletus untuk pertama kalinya sejak hampir 40 tahun terakhir, tepatnya 38 tahun.

Menurut laporan Survei Geologi Amerika Serikat USGS, lahar keluar dari mulut kawah. Sebuah webcam dari agensi menunjukkan pita lava yang panjang dan bercahaya di sana. Beberapa bagian lava dikatakan telah mengalir di tepi kawah.

Masyarakat di wilayah tersebut sejauh ini tidak dalam bahaya, kata USGS. Perintah evakuasi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut awalnya tidak dikeluarkan, namun kawasan di sekitar puncak gunung berapi dan beberapa jalan ditutup.

BACA JUGA : Ealah… Hanya 66 dari 1.800 Perusahaan di Kabupaten Pasuruan yang Buang Sampah di TPA, Sisanya ke Mana?

Gunung berapi di pulau utama Hawaii itu memiliki tinggi 4.169 meter di atas permukaan laut. Mauna Loa telah meletus sebanyak 33 kali sejak tahun 1843, menurut USGS.

Letusan terakhir terjadi pada than 1984 dan erupsi berlangsung selama 22 hari. Saat itu, lahar mengalir dalam jarak tujuh kilometer dari kota Hilo, yang dihuni sekitar 44.000 jiwa.(jrm1/lal)