Pemkot Pasuruan Resmi Launching Network Expansion RW Net Sebagai Agen Jatim Menuju Kota Pasuruan Smart City

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan bekerja sama dengan Bank Jatim Kota Pasuruan melaunching Network Expansion RW Net sebagai Agen Jatim dalam rangka menuju Kota Cerdas atau Smart City pada Kamis, (30/11/2023) di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan. 

Pemkot Pasuruan Resmi Launching Network Expansion RW Net Sebagai Agen Jatim Menuju Kota Pasuruan Smart City

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan bekerja sama dengan Bank Jatim Kota Pasuruan melaunching Network Expansion RW Net sebagai Agen Jatim dalam rangka menuju Kota Cerdas atau Smart City pada Kamis, (30/11/2023) di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan. 

 

Wali Kota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam sambutannya menyampaikan, program pemanfaatan RW NET Agen Jatim ini menjadi langkah yang dilakukan oleh Pemkot Pasuruan guna mendekatkan kemudahan pelayanan digital untuk masyarakat sehingga lebih cepat dan efisien. 

 

“Ini menjadi salah satu ajakan supaya masyarakat dapat lebih produktif memanfaatkan teknologi yang ada, Bank Jatim punya program ‘Satu RW, Satu Agen’ yang menjawab kebutuhan masyarakat untuk membayar berbagai tagihan, mulai dari PBB, listrik, dan lainnya,” ujar Gus Ipul

 

Dengan Agen Jatim, potensi layanan transaksi keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa-desa dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor Bank Jatim. Masyarakat yang ingin melakukan transfer dana, setor dan tarik tunai, pembelian dan pembayaran tagihan, ataupun melakukan transaksi perbankan lainnya. 

 

“Melalui teknologi Agen Jatim ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan tenaga untuk datang ke kantor yang bersangkutan. Cukup dengan menggunakan gawai yang kita punya, kita bisa membayar semua tagihan-tagihan,” kata Gus Ipul

 

Sebelumnya, RW NET atau internet gratis bagi warga Kota Pasuruan telah disediakan oleh Pemkot Pasuruan yang tersebar pada setiap titik RW di Kota Pasuruan. Gus Ipul menyebutkan, melalui layanan internet gratis ini diharapkan dapat mewujudkan Kota Pasuruan menjadi kota yang cerdas. 

 

“Alhamdulillah setelah 2 tahun berjalan, setiap RW sudah tersedia internat gratis. Dengan teknologi ini, membuka semua akses, memudahkan kita dalam melakukan banyak kebutuhan dan kepentingan,” ujar Gus Ipul

 

Gus Ipul mengungkapkan program ini juga dimaksudkan untuk dapat mendorong masyarakat dalam memanfaatkan teknologi untuk berbagai kepentingan, sehingga terwujud smart living, hingga smart economy.

 

“Kita ingin mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dengan memproritaskan kepentingan yang produktif seperti kepentingan kesehatan, menggali informasi-informasi, juga memanfaatkan sebagai peluang usaha atau smart ekonomi,” ungkapnya

 

Pada kesempatan yang sama, Hermita SEVP Consumer Banking Bank Jatim menyampaikan, kolaborasi ini dilakukan dalam rangka turut mewujudkan smart governance melalui digitalisasi juga turut mewujudkan visi Kota Pasuruan yaitu harmoni warganya. 

 

“Bank Jatim berkolaborasi dengan Pemkot Pasuruan mendekatkan layanan digital kepada masyarakat melalui program pemanfaatan RW NET sebagai Agen Jatim,” ujarnya

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat, dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.