Pemkab Sumenep Segera Siapkan Jadwal Arus Balik Bagi Warga Kepulauan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, bakal segera mempersiapkan jadwal arus balik bagi masyarakat kepulauan. Hal itu direncanakan pasca Mudik Gratis Lebaran 2023.

Pemkab Sumenep Segera Siapkan Jadwal Arus Balik Bagi Warga Kepulauan
Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumenep saat memantau pemberangkatan arus Mudik Gratis Lebaran 2023 bagi warga kepulauan hari ini, Minggu (16/4/2023). (Istimewa)

NUSADAILY.COM - SUMENEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, bakal segera mempersiapkan jadwal arus balik bagi masyarakat kepulauan. Hal itu direncanakan pasca Mudik Gratis Lebaran 2023. 

Rencana jadwal arus balik bagi warga kepulauan tersebut akan diatur setelah arus mudik gratis selesai pada Jumat, 21 April 2023 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, Yayak Nur Wahyudi mengatakan, pihaknya bersama sejumlah operator armada penyeberangan sudah merencanakan arus balik mudik.

“Setelah arus mudik selesai, baru kita menyusun rencana untuk arus balik bagi warga kepulauan yang sudah mudik sejak beberapa hari yang lalu,” kata Yayak saat dikonfirmasi sejumlah media di Pelabuhan Kalianget, Minggu, 16 Maret 2023, sore.

Yayak menjelaskan, saat ini sudah ada sejumlah operator armada penyeberangan yang mulai melakukan pemetaan jadwal untuk arus balik bagi masyarakat kepulauan, sehingga baru akan disampaikan informasi pastinya.

"Arus mudik ini terakhir Jumat 21 April 2023. Baru setelah itu kita akan lakukan rapat bersama untuk memastikan jadwal arus baliknya. Walau memang sudah ada beberapa operator yang sudah fix untuk arus balik,” katanya, mengungkapkan.

Pihaknya berharap, dengan adanya mudik gratis ini, setidaknya bisa dimanfaatkan warga kepulauan yang ada di daratan untuk bisa berkumpul bersama keluarga di hari lebaran nanti.

“Semoga mudiknya nyaman, aman dan yang terpenting selamat sampai tujuan dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman saat Idul Fitri. Intinya bahagia,” tandasnya.

Sekedar informasi, kapal mudik gratis yang berangkat hari ini, Minggu, 16 April 2023, adalah KM Dharma Bahari Sumekar III, yang akan dilepas Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Pelabuhan Indonesia (Pelindo III) Kalianget. (nam)