New South Wales Luncurkan Program Baru untuk Tarik Siswa Internasional

Untuk mendorong pemulihan bidang pendidikan internasional, negara bagian New South Wales (NSW) Australia meluncurkan program pendukung guna meningkatkan pengalaman siswa dan menarik bakat dari seluruh dunia.

New South Wales Luncurkan Program Baru untuk Tarik Siswa Internasional
Bendera New South Wales sumber istockphoto

NUSADAILY.COM - SYDNEY - Untuk mendorong pemulihan bidang pendidikan internasional, negara bagian New South Wales (NSW) Australia  meluncurkan program pendukung guna meningkatkan pengalaman siswa dan menarik bakat dari seluruh dunia.

Melansir Xinhua, disupport oleh Study NSW, unit pemerintah NSW yang bertanggung jawab untuk urusan kemahasiswaan internasional, Sydney menyelenggarakan acara penyambutan resmi pertamanya pada hari Selasa (18/10) untuk siswa internasional yang belajar di institusi lokal sejak awal pandemi COVID-19.

Selama acara tersebut, program duta pemimpin mahasiswa internasional kota 2023-2024 diumumkan akan dilaksanakan pada awal November, membantu mahasiswa memperkuat hubungan mereka dengan komunitas lokal melalui pelatihan, pendampingan, dan pengalaman praktik kerja.

BACA JUGA : Institut Konfusius di Kazakhstan Selenggarakan Kontes Kebudayaan...

"Sebelum COVID, pasar pelajar internasional menyumbang lebih dari 1,6 miliar dolar Australia (sekitar 1 miliar dolar AS) untuk ekonomi lokal dan menghasilkan permintaan untuk lebih dari 10.000 pekerjaan penuh waktu," kata Walikota Clover Moore.

"Siswa internasional juga dapat menciptakan hubungan penting antara Sydney dan negara asal mereka, menjadi duta besar seumur hidup untuk Australia sebagai tempat untuk berkunjung, belajar, dan bekerja" kata Moore.

Bulan lalu, pemerintah NSW memberitahukan enam proyek yang menargetkan siswa global untuk dibagikan dalam 400.000 dolar Australia (sekitar 250.000 dolar AS) sebagai bagian dari program hibah Proyek Mitra. 

BACA JUGA : 6 Universitas Pertanian Terbaik di RI, Nomor Satu Kampus Apa?

Layanan yang didanai berkisar dari melakukan penelitian ke pasar negara berkembang tempat dimana siswa berasal, membantu mereka bertransisi ke kehidupan lokal hingga memajukan pemikiran kewirausahaan dan keterampilan komunikasi.

"Sebelum pandemi, pendidikan internasional merupakan ekspor layanan terbesar NSW, menghasilkan lebih dari 14 miliar dolar Australia (sekitar 8,8 miliar dolar AS) dalam pendapatan dan mendukung lebih dari 95.000 pekerjaan," kata Menteri Perusahaan, Investasi, dan Perdagangan NSW Alister Henskens.

NSW menarik lebih dari 37 persen populasi pelajar internasional Australia, menteri mengatakan program itu tidak hanya akan membantu mereka yang sudah belajar di NSW, tetapi juga membantu "mempromosikan negara bagian itu sebagai tujuan bagi calon pelajar."

Data dari Biro Statistik Australia memperlihatkan bahwa pendapatan ekspor dari mahasiswa internasional turun menjadi 22 miliar dolar Australia (sekitar 13,7 miliar dolar AS) pada 2021 dari 31,7 miliar dolar Australia (sekitar 19,8 miliar dolar AS) pada 2020, sementara total kredit layanan negara tahun lalu turun 18 persen menjadi 59,1 miliar dolar Australia (sekitar 37 miliar dolar AS).(mdr1/lal)