Mencari Tahu Penyebab Kepala Negara Ogah Naik Mobil Listrik Buatan Korsel di KTT G20 Bali

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Alberto Franco França adalah beberapa petinggi negara yang menggunakan Electrified G80.

Mencari Tahu Penyebab Kepala Negara Ogah Naik Mobil Listrik Buatan Korsel di KTT G20 Bali
mobil presiden as

NUSADAILY.COM – NUSA DUA - Para kepala negara peserta KTT G20 memutuskan tidak menaiki mobil listrik Genesis Electrified G80 yang sudah disediakan pemerintah Indonesia.

Mereka lebih memilih mobil antipeluru yang dibawa dari negaranya masing-masing.

Pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan Hyundai untuk menyediakan 131 unit Electrified G80 sebagai mobil VVIP.

Terdiri dari 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase, 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase.

Khusus Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase dibuat lebih istimewa dengan logo-logo G20.

Sayangnya, semua unit mobil yang diimpor dari Korea Selatan ini tidak antipeluru.



Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Alberto Franco França adalah beberapa petinggi negara yang menggunakan Electrified G80.

Namun petinggi negara lainnya memilih mobil antipeluru bermesin pembakaran dalam, termasuk Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol yang terlihat memakai Mercedes-Benz S-Class Guard.

Berikut daftar mobil nonlistrik yang digunakan petinggi negara selama KTT G20:

Hongqi N701
Limosin Hongqi N701 digunakan Presiden China Xi Jinping. Mobil buatan China dengan spesifikasi khusus ini punya kemampuan antipeluru.

Tak banyak yang detail yang diketahui tentang mobil ini, tetapi diduga tak kalah canggih dari The Beast.

The Beast
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengandalkan mobil kepresidenan yang bernama The Beast. Mobil dari sasis truk ini memang selalu jadi andalan protokoler tiap orang nomor satu AS itu berkunjung ke negara lain.

Fitur The Beast yang diketahui umum yaitu antipeluru, antibom, membawa kode nuklir, ban tahan bocor dan membawa cadangan darah sesuai golongan darah Biden.

Mercedes-Benz S600 Guard
Sedan antipeluru buatan Mercedes-Benz ini merupakan andalan banyak petinggi negara, termasuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di KTT G20.

Spesifikasi mobil ini bisa disesuaikan kebutuhan perlindungan, namun basiknya sudah punya sertifikat perlindungan balistik tertinggi level VR10 untuk kendaraan sipil.

Mobil antipeluru asal Jerman lainnya yang tampak digunakan di KTT G20 adalah Audi A8L Security. Mobil ini terlihat dipakai Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan saat tiba di Indonesia.

A8L Security sanggup tahan serangan tembakan bidik, granat tangan dan senjata otomatis. Ban dirancang khusus dapat digunakan walau sudah tak ada tekanan udara, ini berguna buat melarikan diri dari situasi berbahaya.

Mercedes-Benz G-Guard
Pelindung kepala negara bukan cuma sedan tetapi juga tersedia SUV seperti Mercedes-Benz G-Guard yang dipakai Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Mobil ini dirancang dari Mercedes-Benz G-Class yang punya kemampuan off-road dengan mesin V8 5.500 cc. Mercedes-Benz G-Guard memiliki spesifikasi perlindungan kelas VR7.

Mobil antipeluru Jepang juga terlihat dalam pengamanan kepala negara, yaitu Toyota Land Cruiser GXR yang menjemput Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak di bandara.

SUV yang dirancang dari Land Cruiser 200 series ini membawa mesin bensin 5.700 cc. Memiliki perlindungan antipeluru pada bodi, kaca dan tanki bahan bakar.(han)