Lahannya Sering Dipakai Jukir, Siapa Pemilik di Balik Besarnya Bisnis Indomaret?

Kehadiran juru parkir (jukir) di minimarket seperti Indomaret kembali menjadi perbincangan masyarakat di media sosial. Hal itu karena kedua gerai tersebut sebenarnya tidak memungut tarif parkir kepada pengunjung alias gratis.

Lahannya Sering Dipakai Jukir, Siapa Pemilik di Balik Besarnya Bisnis Indomaret?
Ilustrasi (foto: Riau Pos)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kehadiran juru parkir (jukir) di minimarket seperti Indomaret kembali menjadi perbincangan masyarakat di media sosial. Hal itu karena kedua gerai tersebut sebenarnya tidak memungut tarif parkir kepada pengunjung alias gratis.

Hal ini dipertegas oleh Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, Bastari Akmal yang mengatakan bahwa Indomaret tidak pernah memungut biaya parkir dan tidak pernah mempekerjakan petugas parkir.

"Pengaturan kawasan dan juru parkir adalah sepenuhnya kewenangan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Dinas Perhubungan (Dishub)," ujarnya dilansir dari detikcom, Selasa (17/1/2023).

Lahannya sering digunakan oleh juru parkir (jukir), lantas siapa sih sosok pemilik di balik besarnya bisnis minimarket Indomaret? Diketahui bahwa jaringan minimarket Indomaret tersebut dimiliki oleh salah seorang taipan Indonesia, Anthoni Salim.

Anthoni Salim merupakan orang di balik besarnya perusahaan jaringan retail Indomaret. Selain itu di juga merupakan sosok di balik besarnya bisnis mie instan Indofood, salah satu produsen mie instan Indomie terbesar di Tanah Air.

Berdasarkan laporan dari Forbes, Anthoni Salim dan Keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 7,5 miliar atau setara dengan Rp 114 triliun (berdasarkan kurs dolar saat ini, Rp 15.200/dolar AS).

Berkat itu, Anthoni Salim dan Keluarga sekarang ini berada di posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes, tepat berada di bawah R. Budi & Michael Hartono; dan keluarga Widjaja.

Anthoni sendiri merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Om Liem, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan presiden Suharto. Berkat Om Liem lah Indomie ada.

Pada tahun 1998, tepat setelah Presiden Suharto dilengserkan dari kekuasaannya, keluarga Salim sempat kehilangan kendali mereka pada Bank Central Asia (bank BCA).

Meski demikian, saat ini Anthoni Salim sendiri tengah mengepalai Grup Salim, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

Tidak hanya itu, keluarga Salim memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong, First Pacific, yang memiliki aset sebesar US$ 27 miliar di enam negara. Saat ini produk Indomie besutan keluarga Salim menjadi mie instant paling populer di Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Produk Indomie juga dijual di Indomaret.(eky)