Kerahkan 107 Petugas dan Alat Canggih, PLN Sukses Amankan Suplai Listrik Acara Peringatan HUT RI ke 78 di Istana

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjadi salah satu BUMN yang ikut berperan penting suksesnya peringatan HUT RI ke 78 di Istana Negara Jakarta.Salah satunya dengan menyuplai pasokan listrik untuk kelancaran jalannya penyelenggaran hari kemerdekaan itu pada Kamis (17/8/2023) lalu.

Kerahkan 107 Petugas dan Alat Canggih, PLN Sukses Amankan Suplai Listrik Acara Peringatan HUT RI ke 78 di Istana

NUSADAILY. COM -JAKARTA -Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjadi salah satu BUMN yang ikut berperan penting suksesnya peringatan HUT RI ke 78 di Istana Negara Jakarta.Salah satunya dengan menyuplai pasokan listrik untuk kelancaran jalannya penyelenggaran hari kemerdekaan itu pada Kamis (17/8/2023) lalu. 

Bahkan, PLN juga mengerahkan 107 petugas yang ditugaskan di 24 titik dikawasan Komplek Istana. Mereka 

 bertugas guna memastikan dan mengawasi pasokan listrik dalam kegiatan tersebut lancar dan tanpa kendala apapun.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran menjelaskan untuk kelancaran dan suksesnya acara ini pihaknya juga menyiapkan sistem kelistrikan yang canggih dan modern. Pasalnya acara ini dilaksanakan mulai pagi hingga petang, alat tersebut bisa membantu para petugas untuk suksesnya acara. 

" Upacara pengibaran dan penurunan bendera pusaka ini memiliki makna sakral dan penting, jadi kami mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk lancarnya kegiatan ini, apalagi peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana ini adalah yang terakhir 

 sebelum Ibukota dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN)," ucapnya dalam. keterangannya Sabtu (19/8/2023). 

Ia juga mengungkapkan selain mengerahkan peralatan para petugas, pihaknya juga terbantu dengan di resmikannya revitalisasi kelistrikan yang ada di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada 1 Agustus 2023 yang lalu. Menurut Lasiran  Sistem kelistrikan yang sebelumnya rentan, tersebar, tidak aman, dan dioperasikan secara manual. 

" Saat ini sistem kelistrikan di Istana telah mengalami perubahan signifikan menjadi lebih canggih, modern, dan andal.yang sudah dilengkapi dengan sistem pasokan berlapis,"ungkapnya.

Dirinya menyebut, ada empat jalur pasokan listrik dengan trafo 'green' tanpa minyak, yang dilengkapi dengan sistem automatic changing supply

Selain itu, Uninterruptible Power Supply (UPS) anti kedip, serta genset dengan teknologi terbaru yang senyap turut menjadi bagian dari sistem tersebut.

Ia menilai,seluruh sistem ini dikendalikan secara terpusat melalui Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) yang berada di Powerhouse Istana Kepresidenan Jakarta.Sehingga pasokan listrik ke istana kepresidenan akan tetap aman dan lancar. 

"Listrik untuk Istana Kepresidenan disuplai dari 4 gardu induk, dengan backup dari Uninterruptible Power Supply 8 x 400 kVA, dan genset kapasitas 4 x 2.000 kVA,"pungkasnya.

Sebagai informasi, peringatan detik-detik proklamasi yang digelar di Istana Negara Jakarta berlangsung khidmat.Selain dilaksanakan upacara bendera acara peringatan HUT Kemerdekaan ke 78 itu juga dilakukan mengheningkan cipta guna menghormati jasa para pahlawan yang telah Kemerdekaan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menjadi pemimpin upacara. Terlihat pula Wakil Presiden, para menteri kabinet kerja dan perwakilan  38 Provinsi Republik Indonesia,serta tamu dan 16.000 undangan lainnya.(sir)