Kapolresta Deli Serdang Meninjau Titik Bencana Banjir dan Memberikan Bantuan

Akibat hujan deras semalaman, ribuan rumah di Kecamatan Batang Kuis dan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, terendam banjir, Selasa (14/11/2022) pagi. Selain itu, sawah yang baru ditanam padi pun tenggelam akibat banjir di Kecaman Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.

Nov 19, 2023 - 17:53
Kapolresta Deli Serdang Meninjau Titik Bencana Banjir  dan Memberikan Bantuan

 NUSADAULY.COM-DELI SERDANG-Akibat hujan deras semalaman, ribuan rumah di Kecamatan Batang Kuis dan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, terendam banjir, Selasa (14/11/2022) pagi. Selain itu, sawah yang baru ditanam padi pun tenggelam akibat banjir di Kecaman Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.

Dari data yang diperoleh, sekitar 25 KK rumah milik warga di Jalan Karya Darma, Dusun III, Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 100 cm.

Plt Bupati Deli Serdang H. M Ali Yusuf Siregar bersama Kapolresta Deli Serdang AKBP Raphael Shandy Cahya Priambodo, SIK, Kapolsek Tanjung Morawa Polresta Deli Serdang, AKP Firdaus Kemit. SH, Camat Tanjung Morawa, Rio Lakadewa S. STP, Danramil 16 TM 0201 Medan, Mayor Inf Romi Sembiring, para SKPD, Kepala Desa Tanjung Morawa B, Nazariati, turun kelokasi banjir.

Warga yang terkena dampak banjir dihimbau untuk mengamankan diri dan mengungsi ketempat rumah warga yang tidak terkena banjir. Selain itu, Muspika Tanjung Morawa juga menyediakan dapur umum untuk membantu warga yang terkena dampak banjir, menyediakan Posko Kesehatan dengan melibatkan Tim Medis Puskesmas Kelurahan Pekan Tanjung Morawa guna antisipasi warga masyarakat jika terserang penyakit. Untuk sementara bantuan yang telah tersedia pada dapur umum berupa telur ayam sebanyak 70 papan, beras masing-masing seberat 5 kg sebanyak 40 karung dan mie instant sebanyak 60 dus dan nasi kotak sebanyak 200 kotak

Berlanjut di Kecamatan Batang kuis, Kapolresta Deli Serdang bersama sama dengan Kapolsek Batang kuis AKP Syahrial  serta Muspika Kecamatan Batang kuis kembali meninjau lokasi banjir di desa Tanjung sari dusun IX yang terdata warga masyarakat terdampak banjir berjumlah sekitar lebih kurang 1700 KK juga di desa Sugiharjo dusun I hingga dusun V terdampak banjir sekitar 1335 KK

Kapolresta Deli Serdang AKBP Raphael Shandy Cahya Priambodo, SIK saat diinterogasi mengatakan " kita terus berinteraksi sosial dengan warga masyarakat yang terkena dampak banjir, menyampaikan himbauan pesan kamtibmas agar dapat menjaga diri khususnya bagi orang tua yang memiliki anak anak kecil guna mengantisipasi dan terhindarnya  dari penyakit serta hal-hal yang tidak diinginkan, lalu menyampaikan kepada Tim Medis Polda Sumut   Tim medis Polresta Deli Serdang dan Tim medis Puskesmas Kecamatan agar dapat lebih baik melayani, merespon keluhan warga masyarakat yang terkena dampak banjir, juga untuk masing masing Kecamatan tersebut kita telah mendirikan beberapa Posko tanggap bencana guna memberikan pelayanan kepada warga yang terdampak banjir secara intensif" ungkapnya.(mar)