Ini 9 Jenis Makanan yang Efektif untuk Cegah Kanker Otak

Ahli nutrisi Pooja Malhotra mengatakan walaupun tidak ada satu pun makanan yang dapat mencegah kanker, namun terdapat beberapa makanan yang disebut sebagai 'makanan super' karena sifatnya yang dapat melawan kanker.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kanker otak jadi salah satu penyakit yang mematikan. Beberapa langkah pencegahan bisa dilakukan untuk membantu Anda terhindar dari kanker otak.

Salah satunya adalah melalui makanan. Ada beberapa makanan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker otak.

Kanker otak sendiri mengacu pada pertumbuhan berlebih sel-sel abnormal pada otak. Kondisi ini salah satunya dipengaruhi oleh gaya hidup.

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa makanan dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

BACA JUGA : Resep dan Cara Membuat Mie Sawi Hijau, Sehat dan Praktis!

Ahli nutrisi Pooja Malhotra mengatakan walaupun tidak ada satu pun makanan yang dapat mencegah kanker, namun terdapat beberapa makanan yang disebut sebagai 'makanan super' karena sifatnya yang dapat melawan kanker.

Melansir NDTV, berikut beberapa makanan super yang dapat membantu menurunkan risiko kanker otak.

1. Kacang polong

Kacang polong kaya akan nutrisi yang tidak hanya membantu melindungi Anda dari kanker, tetapi juga dapat membantu mengurangi kanker kambuh. Makan kacang lebih dari sekali dalam seminggu dapat membantu Anda tetap terlindungi dari berbagai jenis kanker.

2. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, blackberry, dan sebagainya kaya akan antioksidan. Antioksidan dikenal akan kualitas pelindungnya dan kemampuannya untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel tumbuh menjadi kanker.

3. Tomat

Zat likopen pada tomat, yang membuatnya berwarna merah, telah dibuktikan oleh berbagai penelitian dapat melindungi manusia dari kanker.

BACA JUGA : Cara Membuat Roti Boy Toast yang Viral, Hanya Pakai Roti Tawar Secukupnya

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kol, bayam, selada, kangkung, dan sebagainya diketahui sangat bermanfaat bagi tubuh dan otak.

5. Kunyit

Kunyit adalah makanan super yang sangat populer dalam hidangan khas Asia Selatan. Kunyit memiliki berbagai kualitas penyembuhan dan bersifat anti-inflamasi.

Tak hanya itu, kunyit juga merupakan bumbu yang meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh secara keseluruhan terhadap radikal bebas.

6. Biji rami

Biji rami dianggap sebagai makanan super dan dikemas dengan berbagai nutrisi. Penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker dan bahkan membantu membunuhnya.

7. Bawang putih

Salah satu zat terpenting dalam bawang putih adalah allicin. Zat ini telah terbukti dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh.

BACA JUGA : Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Daging Kambing, Marinasi Terlalu Lama

Bawang putih juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk otak.

8. Buah sitrus

Makanan kaya vitamin C bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh terhadap risiko tumbuhnya sel kanker.

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk keprok, lemon, limau, jeruk bali, dan lain-lain telah terbukti mengurangi kemungkinan pembentukan sel kanker dalam tubuh.

9. Ikan berlemak

Makanan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker otak lainnya adalah ikan berlemak.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa makan ikan berlemak yang kaya asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko kanker.(lal)