India Bakal jadi Negara Terpadat, Kalahkan China?

Serangkaian studi demografis memperkirakan bahwa populasi India akan melampaui China pada pertengahan April, meningkat menjadi 1,41 miliar, menjadikannya negara terpadat di dunia.

India Bakal jadi Negara Terpadat, Kalahkan China?
para pekerja pergi dengan mobil setelah memetik teh. Foto/Kantor Berita Xinhua

NUSADAILY.COM – BEIJING -  Serangkaian studi demografis memperkirakan bahwa populasi India akan melampaui China pada pertengahan April, meningkat menjadi 1,41 miliar, menjadikannya negara terpadat di dunia. Pada akhir April 2023, Perserikatan Bangsa-Bangsa mungkin secara resmi mengumumkan bahwa India akan menggantikan China sebagai negara terpadat di dunia.

Ini akan membuka babak baru bagi India, yang pada gilirannya mengirimkan dua sinyal. Salah satunya adalah populasi besar India akan meningkatkan status internasionalnya, terutama sebagai ekonomi terbesar kelima di dunia dan ekonomi dengan pertumbuhan tercepat. Kedua, India telah menjadi negara terpadat di dunia, yang artinya China telah menjadi negara terpadat kedua di dunia, apakah hal ini akan mempengaruhi status China sebagai negara besar?

BACA JUGA : Duh! Kasus Covid-19 di India Kembali Melonjak, Sehari 3.641...

Alasan mengapa jumlah penduduk India adalah yang terbesar di dunia tidak hanya simbolis, tetapi juga karena faktor populasi juga merupakan kekuatan dasar yang mendorong evolusi peradaban Perubahan struktur populasi akan mempengaruhi hubungan eksternal antara populasi dan eksternal. sumber daya dunia, lingkungan, ekonomi dan masyarakat.

Dari perspektif tren pembangunan jangka menengah dan panjang, India dapat bersaing dengan China dalam industri manufaktur kelas bawah. China bukan satu-satunya negara dengan keunggulan pasokan tenaga kerja yang tidak terbatas, negara-negara Asia Tenggara seperti India dan Vietnam telah mencadangkan sejumlah besar sumber daya tenaga kerja muda untuk lepas landas ekonomi. (Mdr1)