Hari Kesehatan Nasional, Mas Adi Apresiasi Rumah Sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan Terus Perbaiki Layanan

NULL

Nov 26, 2022 - 17:50

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 menjadi momentum untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan agar bangkit dan mulai untuk belajar serta bertanggung jawab terhadap kesehatan diri.

HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November ini mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku", menggambarkan semangat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif khususnya setelah masa pandemi Covid-19 yang telah berdampak terhadap aspek kesehatan, sosial dan ekonomi, serta terganggunya pelayanan di berbagai bidang.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, Rumah Sakit Dr. R. Soedarsono mengadakan jalan sehat bersama pegawai rumah sakit, sekaligus Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi) melaunching program rumah sakit diantaranya Spontan, Home Care, HCU dan PHC.

“Ada empat layanan yang hari ini dilaunching, ini merupakan salah satu inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Mas Adi, Jum’at (18/11). 

Mas Adi menyampaikan, peringatan hari kesehatan dilaksanakan tiap tahun dengan model yang berbeda beda. 

“Kalau dua tahun kita tidak dapat melaksanakan kegiatan seperti ini karena pandemi Covid-19, Alhamdulillah HKN kali ini diperingati dengan suasana normal,” ujarnya.

Mas Adi juga menambahkan kita ingin mempebaiki layanan rumah sakit kepada masyarakat.

“Saat ini keluhan masyarakat terhadap rumah sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan sudah mengalami penurunan. Harapannya tidak ada keluhan lagi baik dalam konteks fasilitasi, kedisiplinan medis khususnya yang sering dikeluhkan kurang senyum baik dari dokter maupun perawat,” jelasnya.

 Mas Adi mengapresiasi HKN di Kota Pasuruan sudah mengalami perbaikan khususnya di Rumah Sakit Dr.R. Soedarsono yang mendapatkan akreditasi paripurna.

“Kebutuhan kesehatan ini menjadi kebutuhan primer oleh negara, Rumah Sakit Dr.R. Soedarsono selalu berupaya melakukan perbaikan  untuk melayani masyarakat,”katanya.

Mas Adi juga mengatakan Kota Pasuruan sudah mempunyai branding smart hospital.

“Kita menginginkan rumah sakit yang cerdas dengan segala layanannya dan mempunyai inisiatif sebelum masyarakat menyampaikan keluhan dengan cara kita  sudah menginisiasi upaya upaya layanan terbaik,” kata Mas Adi. 

Mas Adi menambahkan kebersihan ini menjadi penting yang dimulai dari toilet maka ada lagu dan senam resik resik yang dapat menjiwai kehidupan kita semua.

“Kebersihan Rumah Sakit harus dijaga khususnya fasilitas yang dimiliki dan menjadi contoh apa yang sering kita kampayekan,” tambahnya.

Menurut Mas Adi bahwa permasalahan selain kedisiplinan adalah budaya kita yang harus diperhatikan karena hal yang besar itu dimulai dari hal yang sederhana yang diawali dengan perubahan maindset.

“HKN ini upaya yang dilakukan tidak hanya rutinitas tiap tahun tapi yang perlu subtansi adalah merubah paradigma bersih dan sehat dimasyarakat, merubah mainset kita semua bahwa permasalahan kesehatan ini menjadi persoalan yang sangat penting sekali yang bisa dirasakan ketika sektor kesehatan lumpuh sektor lainnyapun ikut lumpuh,” katanya.

Mas Adi juga mengajak untuk mulai dari yang sederhana dengan merubah mainset berkaitan dengan kebersihan, dan pola hisup yang sehat.

“Mari kita bangun bersama persoalan yang ada disekitar kita menjadi persoalan bersama tidak bergantung pada satu orang tapi didukung stake holder lainnya karena membangun Kota Pasuruan perlu bergandeng tangan terhadap apa yang kita cita citakan,” ajaknya.

Setelah sambutan Mas Adi menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba senam dan lomba kebersihan dilanjut senam bersama pegawai Rumah Sakit Dr. R. Soedarsono dan diakhiri dengan melakukan peninjauan rumah sakit. (oni/wan)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow