Hadiri KTT G20, Presiden China Xi Jinping Sudah Tiba di Bali

Presiden China Xi Jinping tiba di Bali. Xi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada 15-16 November.

NUSADAILY.COM – DENPASAR - Presiden China Xi Jinping tiba di Bali. Xi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada 15-16 November.

Dilansir AFP, Senin (14/11/2022), pesawat carter Xi Jinping mendarat di bandara sekitar pukul 15.05 Wita.

BACA JUGA: Biden dan Xi Jinping akan Gelar Pertemuan di KTT G20 Bali Hari ini


Xi hari ini juga diagendakan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Pertemuan dengan Joe Biden digelar pada pukul pukul 17.30 Wita.

Pertemuan kedua kepala negara itu bakal menjadi catatan sejarah di tengah panas dingin hubungan Amerika Serikat dan China. Kabarnya, Biden akan berusaha mencari 'benang merah' hubungan panas Amerika dengan Beijing.

Informasi mengenai rencana pertemuan kedua pemimpin negara itu sebelumnya dikonfirmasi oleh juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, dalam pernyataannya seperti diberitakan AFP, Jumat (11/11/2022). Adapun isu keamanan kawasan dan dunia bakal menjadi topik pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) dan Presiden China itu.

"Para pemimpin akan membahas upaya untuk mempertahankan dan memperdalam jalur komunikasi," kata Karine Jean-Pierre.

"Secara bertanggung jawab mengelola persaingan dan bekerja sama di mana kepentingan kita selaras, terutama pada tantangan transnasional," ujarnya.

Diketahui, jauh sebelum rencana pertemuan itu, dinamika hubungan Biden dan Xi Jinping terbilang panas. Meski begitu, Xi Jinping juga pernah mengungkap bahwa China dan AS harus mengakrabkan diri di tengah situasi dunia yang dilanda ketidakpastian.

BACA JUGA: Menerka Pembicaraan Biden dengan Xi Jinping di KTT G20 Bali Hari ini


Di sisi lain, Joe Biden mengaku merasa lebih baik menjelang pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping. Terlebih Partai Demokrat di negaranya mempertahankan kendali atas Senat Amerika Serikat (AS).

"Saya merasa baik dan saya menantikan beberapa tahun ke depan," kata Joe Biden setelah Demokrat mempertahankan kendali Senat AS dengan kemenangan di Nevada, dilansir AFP, Minggu (13/11/2022).(eky)