FIFA Disindir Media Palestina, Setelah Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

FIFA Disindir Media Palestina, Setelah Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023
FIFA Disindir Media Palestina, Setelah Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023. (Foto: Reuters)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Media asal Palestina, Quds News Network, menyebut FIFA menerapkan standar ganda karena mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Media Palestina itu menyesali karena FIFA seakan membela Israel, tetapi tidak dengan Indonesia yang justru mendukung Israel.

Seperti yang diketahui, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Sebab negara tersebut masih melakukan penjajahan terhadap Palestina, yang mana hal itu bertentangan dengan dasar negara Indonesia yang menjunjung tinggi kemerdekaan.

Karena itulah, Israel benar-benar tidak diterima di Indonesia. Termasuk Tim Nasional (Timnas) Israel U-20 yang sejatinya lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Jelang bergulirnya kompetisi sepakbola kelompok umur itu, beberapa pemimpin wilayah di Indonesia serta berbagai pihak pun menetang keras akan hadirnya Timnas Israel U-20. Pada akhirnya, melihat situasi Indonesia saat ini, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Melihat keputusan FIFA itu, Quds News Network, Minggu (2/4/2023), menyebut Federasi Sepakbola Dunia itu memiliki standar ganda. Mereka menulis video berjudul “Standar ganda menghantui FIFA: Bias mendukung 'Israel' terhadap dukungan Indonesia untuk Palestina”.

Ya, banyak yang menilai FIFA tidak konsisten dalam hal kasus Israel. Sebab ketika Rusia melakukan invasi militer ke Ukraina, FIFA dengan tegas mencoret Rusia dari babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Israel yang secara jelas sudah lama berperang dan menjajah Palestina, tapi tak pernah mendapatkan hukuman dari FIFA. Malahan kini Israel U-20 dibiarkan tetap bermain di Piala Dunia U-20 2023 meski sempat ditolak di Indonesia.

Standar ganda itulah yang amat disesali berbagai pihak, termasuk media Palestina, Quds News Network. Dalam video berita yang mereka rilis, dijabarkan mengenai betapa kerasnya penolakan Israel karena Indonesia menghormati Palestina.

Kini, FIFA pun sudah sibuk memilih negara baru yang dirasa siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Nama Argentina menjadi salah satu negara yang berkesempatan besar mengambil alih status tuan rumah tersebut.

(roi)