Duh! Kapal Wisata Angkut 18 Orang di Perairan Batu Tiga Labuan Bajo Tenggelam

Jumlah penumpang disebut mencapai 18 orang. Jumlah ini melebihi data manifest kapal yang hanya menuliskan 12 orang.

Duh! Kapal Wisata Angkut 18 Orang di Perairan Batu Tiga Labuan Bajo Tenggelam
Foto ilustrasi.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kapal wisata KM Lalongkoe tenggelam di Perairan Batu Tiga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (20/5).

Kapal Wisata tersebut tenggelam dalam perjalanan dari Pulau Komodo menuju Pelabuhan Labuan Bajo sekitar pukul 15.45 Wita. Kapal ini diterjang angin kencang dan gelombang tinggi pada jarak sekitar 18.8 Nautivcal Mile (mil laut) dari Pelabuhan Labuan Bajo.

Jumlah penumpang disebut mencapai 18 orang. Jumlah ini melebihi data manifest kapal yang hanya menuliskan 12 orang.

BACA JUGA : Kapal Ikan China Tenggelam di Perairan Samudra Hindia,...

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) Maumere Mexianus Bekabel seusai mengevakuasi seluruh penumpang KM Lalongkoe di Pelabuhan Labuan Bajo, Sabtu (20/5/2023) malam. Seluruh 18 penumpang tersebut dievakuasi tiga kali.

"Evakuasi pertama enam orang, evakuasi kedua enam orang, dan ketiga enam orang juga. Jadi total 18 orang. Namun manifest 12 orang," ungkap Mexianus.

Dalam data manifest KM Lalongkoe tertulis 12 orang tersebut terdiri dari delapan wisatawan dan empat kru kapal. Dari delapan wisatawan itu, tiga di antaranya wisatawan mancanegara (wisman) dan lima wisatawan domestik. Namun, saat evakuasi terlihat ada enam wisman.

BACA JUGA : 15 Anak Tewas 25 Hilang Imbas Tenggelamnya Kapal Kelebihan...

Sementara, dalam evakuasi terungkap ada enam wisman, lima wisatawan domestik, dan empat kru kapal.

Tim SAR juga mengevakuasi satu pemandu wisata (guide) dan dua siswa praktik kerja lapangan yang namanya tidak tercatat dalam pendataan penumpang.

Seluruh penumpang dievakuasi dengan selamat, meski sejumlah penumpang mengalami cedera. Enam penumpang dievakuasi ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan.(lal)