Dua Kereta Barang Bertabrakan di Jerman, Salah Satu Kereta Bermuatan Gas yang Mudah Terbakar

Dua kereta barang bertabrakan di distrik Gifhorn pada Kamis (17/11) pagi waktu setempat. Beberapa gerbong rusak, diantaranya adalah gerbong tangki pembawa gas propana, yang yang mudah terbakar.

Dua Kereta Barang Bertabrakan di Jerman, Salah Satu Kereta Bermuatan Gas yang Mudah Terbakar
Dua gerbong terbaik dalam kecelakaan kereta api di Jerman. (dpa)

NUSADAILY.COM – GIFHORN – Sebuah kecelakaan kereta api terjadi di distrik Gifhorn, Jerman pada hari Kamis. Dua kereta saling bertabrakan. Akibatnya, jalur kereta dengan banyak koneksi ditutup, menyebabkan pembatalan dan penundaan kereta.

Melansir BZ-Berlin, Sebuah kereta barang berhenti di dekat daerah bernama Leiferde, Gihorn, Jerman karena perintah dari sinyal. Kereta berikutnya melaju ke arah yang sama dengan alasan yang awalnya tidak jelas, seperti dikatakan juru bicara departemen pemadam kebakaran setempat.

BACA JUGA : Miris! Pesawat Penumpang di Peru Tabrak Truk Pemadam Kebakaran,...

Beberapa gerbong rusak dalam kecelakaan kereta barang. (dpa/Bildfunk)

Masinis Dilarikan ke Rumah Sakit

Masinis kereta yang keluar dari kabin pengemudi bergerak keluar dan kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat oleh petugas yang sudah tiba di lokasi.

Deutsche Bahn mengumumkan bahwa koneksi ICE (sistem kereta cepat di Jerman) antara Hanover dan Berlin juga terpengarh oleh penutupan rute tersebut.

Kereta dialihkan dan ditunda setidaknya sekitar 60 menit. Itu juga berlaku untuk kereta ICE internasional dari Swiss yang melalui Frankfurt dan Kassel dengan tujuan Berlin.

Kereta ICE lainnya yang memiliki rute melewati jalur tersebut juga dibatalkan. Pelancong harus mencari tahu tentang koneksi mereka sebelum memulai perjalan mereka.

Beberapa gerbong keluar jalur saat terjadi tabrakan dan beberapa lainnya terbalik. Menurut pemadam kebakaran, masih perlu waktu untuk mengetahui berapa banyak gas propana di dalam tangka yang mungkin saja bisa meledak.

Diantaranya adalah gerbong tangki pembawa gas yang mudah terbakar. (dpa)

BACA JUGA : Viral! Kain Kafan 2 Jenazah di Bojonegoro Ditemukan Utuh Usai Belasan Tahun

Tapi tidak ada ancaman bagi penduduk karena lokasi kecelakaan yang dapat dibilang berada di tengah hutan, kata juru bicara pemadam kebakaran.

Dalam kecelakaan tersebut, kereta yang terdiri dari 25 gerbong tangki berisi gas propana itu, antara lain dua gerbong tangki terbalik dan dua lagi anjlok. 

Menurut pihak pemadam kebakaran negara, pekerjaan pembersihan di jalur tersebut kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama. Pekerjaan pembersihan dan penyelidikan memakan waktu setidaknya satu hari, polisi federal mengumumkan. (jrm1)