Xi Jinping Bertemu dengan Perdana Menteri Aljazair

Presiden China Xi Jinping bertemu Perdana Menteri Aljazair Ayman Benabderrahmane di sini pada hari Jumat.

Xi Jinping  Bertemu dengan Perdana Menteri Aljazair
Xi Jinping Bertemu dengan Perdana Menteri Aljazair (sumber: xinhua)

NUSADAILY.COM-RIYADH- Presiden China Xi Jinping bertemu Perdana Menteri Aljazair Ayman Benabderrahmane di sini pada hari Jumat.

Melansir Xinhua, Menekankan bahwa China dan Aljazair menikmati persahabatan tradisional dan kerja sama praktis mereka telah membuahkan hasil.

BACA JUGA: Xi Mendarat di Riyadh untuk Hadiri KTT China-Arab dan KTT...

Xi mengatakan China dengan tegas mendukung Aljazair dalam menjaga kedaulatan nasional, kemerdekaan dan integritas wilayah, mendukung Aljazair dalam mengejar jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri, dan menentang campur tangan.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pihak Aljazair atas dukungan tegasnya pada isu-isu yang menyangkut kepentingan inti China, dan mengatakan China bersedia melakukan upaya bersama dengan Aljazair untuk melanjutkan persahabatan tradisional dan mendorong kemajuan baru dalam kemitraan strategis komprehensif China-Aljazair.

Xi menunjukkan bahwa Aljazair telah lama menganut kemerdekaan dan memainkan peran penting dalam melindungi hak dan kepentingan yang sah dari negara-negara berkembang, dan China bersedia memperkuat solidaritas dan kerja sama dengan Aljazair untuk bersama-sama mempraktikkan multilateralisme sejati.

Sementara itu, Benabderrahmane mengatakan bahwa Xi memiliki dukungan luas dari rakyat Tiongkok dan telah membawa Tiongkok ke jalur pembangunan yang sukses dengan pencapaian luar biasa.

Benabderrahmane mengatakan Aljazair dan China berbagi konsensus tentang banyak masalah internasional, dan pihak Aljazair akan terus mematuhi prinsip satu China, menjunjung tinggi prinsip non-campur tangan dalam urusan internal negara lain, dan mengadvokasi nilai-nilai bersama dari semua pihak.

BACA JUGA: China Dikabarkan Buka 100 Kantor Polisi di Luar Negeri,...

Pihak Aljazair berharap untuk lebih memperkuat kerja sama dengan pihak China di bidang infrastruktur dan bidang lainnya, serta mengupayakan kemajuan baru dalam hubungan Arab-China dan Afrika-China, tambahnya.(mdr3)