Miris! Pesawat Penumpang di Peru Tabrak Truk Pemadam Kebakaran, 2 Orang Dikabarkan Tewas

Pesawat lepas landas dengan kecepatan penuh dan menabrak truk pemadam kebakaran yang tengah melaju di landasan juga dengan kecepatan tinggi.

Miris! Pesawat Penumpang di Peru Tabrak Truk Pemadam Kebakaran, 2 Orang Dikabarkan Tewas
Ilustrasi pesawat terbang

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pesawat penumpang yang sedang lepas landas di Bandara Lima, Peru, menabrak sebuah truk pemadam kebakaran dan menghantam landasan. Sedikitnya dua petugas pemadam kebakaran tewas dalam insiden ini, sedangkan 102 penumpang yang ada di dalam pesawat berhasil selamat.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (19/11/2022), insiden itu terjadi saat pesawat penumpang milik maskapai LATAM sedang lepas landas di Bandara Internasional Jorge Chavez pada Jumat (18/11) waktu setempat.

BACA JUGA : Rusia Tolak Permintaan Ekstradisi dalam Kasus Malaysia...

Rekaman video yang diambil para saksi mata dan ditayangkan televisi lokal Peru menunjukkan pesawat lepas landas dengan kecepatan penuh dan menabrak truk pemadam kebakaran yang tengah melaju di landasan juga dengan kecepatan tinggi.

Usai tabrakan terjadi, pesawat terus melaju pada jalurnya dengan bagian kanan terseret di sepanjang landasan, yang memicu kobaran api dan kepulan asap. Bagian belakang pesawat penumpang itu terbakar parah.

Maskapai LATAM yang mengoperasikan penerbangan domestik ini menuturkan ada 102 penumpang di dalam pesawat saat insiden terjadi. "Tidak ada penumpang maupun awak yang kehilangan nyawa mereka," tegas maskapai LATAM.

BACA JUGA : Kenapa Letak Pintu Masuk Pesawat Berada di Sebelah Kiri? Ini Alasannya

Disebutkan juga oleh maskapai LATAM bahwa pesawat yang terlibat insiden itu memiliki nomor penerbangan LA2213 dengan memiliki rute domestik Lima-Juliaca. Sementara laporan situs pelacakan pesawat menyebut pesawat itu merupakan jenis Airbus A320.

Tidak diketahui secara jelas mengapa truk pemadam kebakaran itu melaju di landasan saat ada pesawat lepas landas. Kantor jaksa setempat menyatakan penyelidikan tengah berlangsung terhadap insiden ini atas dugaan tindak pembunuhan.

Operator bandara, Lima Airport Partners (LAP) menyatakan operasional bandara Jorge Chavez ditangguhkan hingga Sabtu (19/11) siang waktu setempat. Disebutkan juga bahwa dua petugas pemadam kebakaran yang tewas merupakan anggota Brigadir Pemadam Kebakaran Penerbangan LAP.(ros)