Di Balik Lagu Duet Melly Goeslaw dan Nike Ardilla dengan Teknologi AI

Penyanyi Melly Goeslaw merilis lagu terbaru berjudul "Bertemu Kembali" pada 6 Desember 2023. Lagu tersebut dikemas secara unik karena menampilkan duet berkelas antara dirinya dan almarhumah Nike Ardilla dengan memanfaatkan teknologi Deep Fake artificial intelligence (AI).  

Di Balik Lagu Duet Melly Goeslaw dan Nike Ardilla dengan Teknologi AI

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Penyanyi Melly Goeslaw merilis lagu terbaru berjudul "Bertemu Kembali" pada 6 Desember 2023. Lagu tersebut dikemas secara unik karena menampilkan duet berkelas antara dirinya dan almarhumah Nike Ardilla dengan memanfaatkan teknologi Deep Fake artificial intelligence (AI).

 

Dilansir dari medcom.id, sosok kedua penyanyi ini merupakan sahabat sejak kecil yang selalu bersama, bahkan memulai karier di tempat pelatihan yang sama. Saat mencoba mengadu nasib di Ibu Kota, mereka sempat tinggal dalam satu kontrakan yang sama.

 

Untuk mengenang persahabatannya dengan Nike Ardilla, Melly menghadirkan sebuah lagu baru yang dia ciptakan spesial menyambut ulang tahun sahabatnya pada 27 Desember. Kedua sahabat karib ini harus rela dipisahkan oleh maut yang tidak diduga.

 

Melly menceritakan awal mula ide untuk membuat lagu kolaborasi ialah dirinya sudah memiliki mimpi untuk berduet bersama Nike, tetapi keinginan tersebut tidak pernah terwujud.

 

“Tapi setelah ngga ada, terus saya pikir, apa ya karena kita dua-duanya di industri musik masa sih engga ada karya yang bareng, tapi Nike-nya nggak ada,” ucap Melly dalam talk show peluncuran lagu ‘Bertemu Kembali’ di HW Live House Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Desember 2023.

 

Selanjutnya dia mendatangi Musica Studio’s, label rekaman lagu-lagu Nike, untuk menyampaikan niat baiknya itu. Di sana Melly disambut baik oleh Indrawati Widjaja alias Ibu Acin, Eksekutif Produser Musica Studio.

 

Namun, reaksi Melly saat itu hanya menganggap sambutan Musica Studio’s untuk menggarap lagu yang dia buat sebatas performa biasa.

 

“Waktu ketemu Bu Acin di sana itu saya masih berpikir ‘Ah pasti cuman wacana aja gitu, nggak akan terjadi, walau pun nanti kalau terjadi pasti di konser aja pakai hologram gitu padahal saya pengen lebih dari itu’,” ujar penyanyi kelahiran tahun 1974 itu.

 

Setelah tiba di kantor Musica Studio’s, Melly justru menemukan hal mengejutkan. Label rekaman tersebut menawarkan fasilitas yang bisa dipakai untuk mewujudkan impian Melly.

 

“Terus pas ke kantor Musica ternyata Bu Acin serius menanggapi ini. Terus nggak lama dari Gumilang menghubungi Mas Anto, saya disuruh pilih lagu-lagunya karena saya bilang ‘Saya duet maunya sesuatu yang baru,” imbuh dia.

 

Melly akhirnya memutuskan untuk memilih lagu Nike yang berjudul ‘Duka Pasti Berlalu’ ciptaan Dadang S Manaf.

 

Dia berhasil membuat lagu baru kolaborasi dengan sahabat lamanya, Nike Ardilla dengan menggabungkan lagu ‘Duka Pasti Berlalu’ milik Nike dengan lagu baru ciptaannya, yang kemudian diberi judul ‘Bertemu Kembali.