ASN Sidoarjo Diminta Tetap Jaga Netralitas, Wabup Mendukung Meritokrasi Kelas Dunia

"ASN harus tetap fokus mengembangkan kompetensinya sebagai abdi negara yang profesional dalam pelayanan publik. ASN harus tetap bisa menjaga netralitas pada Pemilu tahun ini,” tegas Wabup Subandi.

ASN Sidoarjo Diminta Tetap Jaga Netralitas, Wabup Mendukung Meritokrasi Kelas Dunia
Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi SH, menghadiri Rakor Pengendalian dan Pengawasan BKN Tahun 2024 di Bali, pada Selasa (6/2).

NUSADAILY.COM – SIDOARJO ; Di tengah eskalasi politik semakin memanas seiring kian dekat pencoblosan, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH, kembali mengingatkan  Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Sidoarjo harus bersikap netral menjelang. Ini dirasa begitu urgen sebagai upaya menjaga independensi ASN dari tekanan berbagai pihak pada tahun politik ini.

“ASN harus tetap fokus mengembangkan kompetensinya sebagai abdi negara yang profesional dalam pelayanan publik. ASN harus tetap bisa menjaga netralitas pada Pemilu tahun ini,” tegas Wabup Subandi, pada acara Rakor Pengendalian dan Pengawasan BKN Tahun 2024, Selasa (6/2).

Lebih lanjut, dia menegaskan, core values ASN yakni “Berakhlak” berorientasi layanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif, menjadi titik tonggak penguatan bagi seluruh ASN. Selain itu manajemen ASN juga dilengkapi dengan sistem Merit. “Netralitas ini menjadi prinsip yang harus dipegang teguh oleh ASN untuk bekerja secara professional. Netralitas ASN ini bukan hanya dalam konteks menjelang pemilu saja, tapi juga diwujudkan dalam pelayanan publik,” jelasnya.

Pihaknya sangat mendukung terkait program pemerintah pusat menggunakan sistem merit dalam manajemen ASN. Dimana sebagai suatu kebijakan dan manajemen ASN yang berlandaskan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa adanya diskriminatif. 

“Kita akan laksanakan  apa yang menjadi program pusat dalam hal pengelolaan manajemen ASN di Kabupaten Sidoarjo, harapannya birokrasi yang kita bangun berkelas dunia,” kata Subandi, seraya menambahkan bahwa netralitas dan core values ini terus digaungkan. Pemerintah juga telah melakukan berbagai pengaturan melalui regulasi/ kebijakan untuk membatasi hubungan ASN dengan kegiatan politik praktis. (*/ful)