Terjerat Kasus Korupsi, PM Myanmar Dapat Hukuman Tambahan Tiga Tahun Penjara

Pengadilan yang dikendalikan oleh junta militer di Myanmar telah menjatuhkan hukuman tambahan tiga tahun penjara kepada Perdana Menteri terguling Aung San Suu Kyi karena korupsi.

Terjerat Kasus Korupsi, PM Myanmar Dapat Hukuman Tambahan Tiga Tahun Penjara
Aung San Suu Kyi, mantan Perdana Menteri Myanmar, divonis 26 tahun penjara. Dia saat ini berada di sel isolasi. Foto: Michaela hov /CTK/dpa

NUSADAILY.COM – NAYPYIDAW - Pengadilan yang dikendalikan oleh junta militer di Myanmar telah menjatuhkan hukuman tambahan tiga tahun penjara kepada Perdana Menteri terguling Aung San Suu Kyi karena korupsi.

Melansir dari Blck.ch, hal ini dikonfirmasi oleh orang-orang yang akrab dengan proses pada hari Rabu dari Kantor Pers Jerman. Secara total, pria berusia 77 tahun itu divonis 26 tahun penjara karena berbagai tuduhan pelanggaran, termasuk penghasutan kerusuhan.

Baca Juga : Pemadam Kebakaran di Berlin Batalkan Misi Penyelamatan

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian telah berada di sel isolasi di sebuah penjara di ibukota Naypyidaw sejak Juni, setelah ditempatkan di bawah tahanan rumah setelah kudeta militer Februari 2021. Persidangan tertutup untuk umum, dan pengacara Suu Kyi tidak diperbolehkan berbicara dengan perwakilan media.

Para jenderal membenarkan penggulingan mereka dengan tuduhan penipuan dalam pemilihan November 2020, yang jelas dimenangkan oleh Suu Kyi dan partai Liga Nasional untuk Demokrasi. Mereka tidak menunjukkan bukti. 

Baca Juga : Abaikan Peringatan Rusia, Sekjen NATO Bakal Adakan Latihan Pencegahan Nuklir Rutin Tahunan

Sejak itu, bekas Burma telah jatuh ke dalam kekacauan dan kekerasan. Menurut organisasi bantuan tahanan AAPP, lebih dari 2.300 orang telah tewas dan lebih dari 15.800 ditangkap sejak kudeta. (jrm2/lna)