Sidomulyo Floral Festival Bangkitkan Bisnis Florikultura, Ini Tanggal Pelaksanaanya

Sidomulyo Floral Festival sejalan dengan rangkaian acara Oktober Fest Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kota Batu. Desa Sidomulyo dipilih, lantaran wilayah ini menjadi sentra bunga hias di Kota Batu.

NUSADAILY.COM – BATU - Sidomulyo Floral Festival 2022 bertajuk Wonderland Sidomulyo ikut memeriahkan HUT ke-21 Kota Batu. Kegiatan ini bakal berlangsung di Desa Sidomulyo Kota Batu, 21-29 Oktober nanti. Selain rangkaian HUT Kota Batu, kegiatan juga ikut memperingati Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas).

Sidomulyo Floral Festival sejalan dengan rangkaian acara Oktober Fest Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kota Batu. Desa Sidomulyo dipilih, lantaran wilayah ini menjadi sentra bunga hias di Kota Batu.

Acara tersebut digelar kolaboratif melibatkan BUMDes Mulyo Joyo, Pemdes Sidomulyo, Dinas Pariwisata Kota Batu dan sejumlah OPD Pemkot Batu bersama masyarakat setempat. Didukung pula Gekrafs Kota Batu sebagai lokomotif ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Sidiq menyampaikan, festival ini untuk membangkitkan bisnis florikultura di Desa Sidomulyo. Nantinya, Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa akan membuka pada 22 Oktober.

“Pada penutupan 29 Oktober nanti akan diluncurkan laman e-commerce mallbungakotabatu.com,” kata dia.

Sidomulyo Floral Festival 2022 merajut beragam rangkaian kegiatan yang mempromosikan potensi tanaman hias. Terlebih mayoritas masyarakatnya menggantungkan hidup pada bisnis florikultura.

Selama penyelenggaraannya digelar pula beberapa perlombaan. Mulai lomba hias kampung, dekorasi taman (landscape), fotografi, videografi, fashion anak dan remaja, fashion carnival, floral culinary, merangkai bunga, dekorasi pelaminan dan floral bride make up.

Selanjutnya diselenggarakan juga expo landscape, make up artist, dan dekorasi pelaminan, dan bazaar floral culinary. Selain itu, event Sidomulyo Floral Festival juga bekerjasama dengan pelaku kopi Kota Batu seperti Janus Café, Kembar Djaja Café, Greenrock Café, dan Beuja Street Coffee.

Para pelaku kopi menyediakan kesempatan pelatihan barista gratis bagi warga Desa Sidomulo yang ingin meracik aneka suguhan kopi kekinian. Melalui lomba cipta menu floral culinary, kreasi menu terbaik akan dipilih untuk menjadi bagian dari menu andalan kafe Mall Bunga Sidomulyo.

“Sidomulyo Floral Festival tidak hanya menjadi ajang promosi dan pesta rakyat, namun juga harapan dari agar masyarakat dapat tetap mempertahankan tanaman hias sebagai mata pencaharian dan ikon desa,” pungkasnya. (kun/wan)