Pemungutan Suara di Kecamatan Parang Rusuh, Warga Rusak TPS

Beruntung anggota Linmas yang berjaga sejak awal segera sigap mengamankan warga tersebut, aksi main rusak belum sempat terjadi. Dengan dibantu pihak TNI dan Polri pelaku percobaan perusakan TPS di bawa ke balai desa

Pemungutan Suara di Kecamatan Parang Rusuh, Warga Rusak TPS

NUSADAILY.COM - MAGETAN - Situasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Desa Pragak Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur mendadak gaduh, ketika salah satu warga berusia lanjut menunggu lama untuk menyalurkan hak suaranya. Salah satu dari keluarganya mengamuk. Berusaha merusak tempat pemungutan suara.

 

Beruntung anggota Linmas yang berjaga sejak awal segera sigap mengamankan warga tersebut, aksi main rusak belum sempat terjadi. Dengan dibantu pihak TNI dan Polri pelaku percobaan perusakan TPS di bawa ke balai desa setempat.

 

Camat Parang, Soemarminto, menyebut peristiwa tersebut adalah bagian dari similulasi apel kesiap siagaan jelang Pemilu serentak 2024 mendatang.

 

"Ini hanya bagian dari simulasi ya, untuk latihan anggota Linmas bila hal hal yang tidak diinginkan benar benar terjadi. Linmas diharapkan dapat mencegah terjadinya anarkis yang dapat menciderai demokrasi," kata Soemarminto kepada Nusadaily.com, Senin (27/09/2023).

 

Besok, lanjutnya, 28 November 2023 tahapan kampanye sudah mulai, pemasangan APK untuk seluruh peserta. Gesekan gesekan di bawah pasti ada, Linmas telah siap untuk antisipasi keamanan di wilayah masing masing. 

 

"Pada apel ini di ikuti oleh 372 personel Linmas dari 12 desa dan satu kelurahan. Masing masing desa satu pleton atau 31 orang," jelasnya.

  

Paska apel dan simulasi kesiap siagaan, selanjutnya 13 pleton Linmas tersebut mengelar konvoi mengelilingi desa yang ada di kecamatan parang.

"Ini dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat kesiapan linmas dalam mensukseskan pemilu 2024 mendatang. Memberikan rasa aman dan tentaram kepada masyarakat. Bahwa keamanan ditingkat lini bawah saja linmas telah siap siaga," kata Sauji, Ketua BKAD Parang Sekaligus kepala desa Ngunut tersebut. 

  

Ia berharap dengan digelarnya apel siaga Linmas ini, segala kemungkinan yang dapat merusak ketentraman dan potensi keamanan di desa dapat dicegah sejak dini.

  

"Sehingga pemilu serentak 14 Februari nanti dapat merjalan aman dan lancar. Menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan wakil rakyat yang sesuai dengan harapan masyarakat," pungkasnya.

  

Hadir dalam apel siaga Linmas dalam rangka menyukseskan pemilu damai 2024 di lapangan desa Pragak Kecamatan Parang tersebut, AKP Sini, Kasat Sabara Polres Magetan selaku inspektur upacara, perwakilan Dandim Magetan, Asiten 1 Beni Adrian, Camat Parang dan 12 kepala desa SE kecamatan Parang. (nto/wan).