Padati Jalanan Kota Solo, Puluhan Ribu Orang Mengular Meriahkan Muktamar Muhammadiyah

Puluhan ribu warga Persyerikatan Muhammadiyah memadati jalanan Kota Solo di sekitar Stadion Manahan, Sabtu (19/11) pagi.

Padati Jalanan Kota Solo, Puluhan Ribu Orang Mengular Meriahkan Muktamar Muhammadiyah
Presiden Jokowi membuka Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo. (YouTube Sekretariat Presiden)

NUSADAILY.COM – SOLO – Puluhan ribu warga Persyerikatan Muhammadiyah memadati jalanan Kota Solo di sekitar Stadion Manahan, Sabtu (19/11) pagi.

Keluarga besar Persyerikatan hendak menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang bakal dibuka oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Bantu Penanganan Pandemi, Jokowi Ucapkan Terima Kasih Pada Muhammadiyah dan Aisyiyah

Puluhan ribu orang telah memadati kawasan Stadion Manahan sejak pukul 05.00 WIB. Hingga pukul 07.00 WIB, para kader dan simpatisan Muhammadiyah terus berdatangan ke venue Muktamar.

Tak sedikit penggembira yang rela jauh-jauh berjalan kaki untuk memeriahkan gelaran Muktamar.

Pantauan wartawan Nusadaily.com di lokasi, ribuan orang mengular tanpa putus dari Kawasan Mangkunegaran hingga Stadion Manahan. Panjangnya mencapai hampir empat kilometer.

"Kita diarahkan untuk parkir di daerah Mangkunegaran karena jalan di sekitar Stadion Manahan ditutup," kata salah seorang peserta bernama Yarham.

Sementara dari arah barat, para penggembira bahkan harus menempuh perjalanan lebih jauh. Menurut Yarham, beberapa kawannya harus berjalan dari penginapan yang berada di sekitar Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta.

"Kita masih lumayan. Nggak terlalu jauh. Teman saya ada yang jalan dari dekat Edutorium," katanya.

Pemuda asal Wonosobo itu tahu betul ia hanya bisa menyimak Muktamar dari pelataran Stadion.

Akses masuk ke dalam Stadion hanya diberikan kepada mereka yang memegang undangan dari panitia. Jumlahnya hanya sekitar 18 ribu orang.

BACA JUGA: Jokowi Buka Muktamar Muhammadiyah Solo Didampingi Puan - Prabowo

Meski demikian, mengatakan tak keberatan harus berjalan kaki hanya sekadar untuk menyaksikan Muktamar dari luar Stadion.

"Nggak apa-apa. Memang sudah diniati dari rumah," katanya.

Hingga saat ini, Muktamar Muhammadiyah di Stadion masih belangsung. Presiden Jokowi dijadwalkan membuka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo.(ges/han)