Jokowi Buka Muktamar Muhammadiyah Solo Didampingi Puan - Prabowo

Jokowi menyampaikan salam ke tokoh Muhammadiyah yang hadir termasuk Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Samsuddin.

Jokowi Buka Muktamar Muhammadiyah Solo Didampingi Puan - Prabowo
Presiden Jokowi membuka Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo. (YouTube Sekretariat Presiden)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah. Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat, termasuk Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Gubernur tuan rumah Ganjar Pranowo.

Gelaran Muktamar dibuka di Stadion Manahan, Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022) pagi.

BACA JUGA : Jokowi Buka Muktamar Muhammadiyah Solo, Begini Pesannya

Presiden Jokowi menyapa para hadirin yang meliputi pimpinan lembaga negara, yakni Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla.

Terlihat pula, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hadir pula dan disapa Jokowi, wakil Syeikh dari Al Azhar Mesir, wakil dari Vatikan, Mufti Bosnia, penasihat Mufti Lebanon, serta pejabat dari Bank Dunia.

Tak lupa, Jokowi menyampaikan salam ke tokoh Muhammadiyah yang hadir termasuk Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Samsuddin.

Pesan Jokowi

Dilansir dari detik.com, Jokowi menjelaskan ketergantungan manusia terhadap alam sangat tinggi. Indonesia dikaruniai potensi alam yang besar dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jokowi berpesan untuk hal ini.

BACA JUGA : Jokowi Ajak Rakyat Bersyukur, Indonesia Masih Kuat

"Oleh karena itu saya mengharapkan bantuan bapak ibu semuanya, selain hablu minallah dan juga hablu minannas, mohon juga diperkuat dengan hablu minalam yang menekankan pentingnya kelestarian alam, yang menekankan pentingnya kelestarian lingkungan," pesan Jokowi.

Dia yakin dengan bantuan Muhammadiyah, Indonesia bisa menjadi Sang Surya yang menerangi dunia. Dia lantas membuka Muktamar ini.

"Selamat bermuktamar, dan dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar 'Aisyah ke-48 saya buka hari ini," kata Jokowi disambut tepuk tangan para hadirin.

Selanjutnya, Jokowi didampingi Puan, Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PP 'Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Jokowi membuka Muktamar dengan cara menekan layar di depannya.

Semua orang bertepuk tangan. Jokowi lantas menyalami para hadirin. (ros)